ja_mageia

FISIP UNAIR

Antropologil, Sosiologi, Administrasi Negara, Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, PSTP, Pariwisata

  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
DESKRIPSI MATA AJARAN PDF Print E-mail
Wednesday, 01 April 2009 07:18
     Berikut ini disajikan deskripsi deskripsi singkat substansi masing masing mataajaran yang telah ditetapkan sebagai paket lengkap kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi, Departemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Deskripsi mata kuliah berurutan sesuai dengan struktur kurikulum : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Matakuliah Keilmuan & Ketrampilan (MKK), Mata Kuliah Kehidupan Bermasyarakat (MKB),Matakuliah Kehidupan Belajar Bersama (MKBB).

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

NOP101 Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa memiliki kemampuan pemahaman, konsep dan deskripsi situasi hal yang berkaitan dengan penguatan warga negara dalam implemantasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, penyikapan terhadap situasi aktual tentang ideologi, negara dan warga negara secara sekuensial dengan bahasan meliputi filsafat Pancasila, identitas nasional, hak dan kewajiban warga negara, negara dan konstitusi, demokrasi Indonesia, HAM dan the rule of law, geopolitik dan geostrategi Indonesia. Kerangka pembahasan dikaitkan dengan fenomena globalisasi, HAM dan demokrasi (politik dan ekonomi) serta dinamika keindonesiaan aktual. Dengan pemahaman serta refleksi terhadap realitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara diharapkan menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan  dan cinta tanah air; demokratis yang berkeadaban; menjadi warga negara yang memiliki daya saing, berdisiplin, dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila.

AGI001 Agama Islam I
Mataajaran ini diawali dengan pemahaman tentang pengertian Agama Islam secara utuh dan menyeluruh. Selain masalah keimanan, akan dibahas pula ikhwal ibadah, baik yang bersifat khusus maupun yang bersifat umum, yaitu kaidah yang menyangkut hubungan antara manusia dengan Tuhan/Khaliknya, antara manusia dengan sesamanya, dan antara menusia dengan makhluk lain dan alam. Selain hendak diarahkan ke terbinanya kesadaran untuk melaksanakan ibadah dan memenuhi kewajiban kewajiban kepada Tuhan Yang Maha Esa, pembah¬san pembahasan juga tertuju ke arah kewajiban kewajiban manusia kepada diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negaranya. Dengan mahasiswa diharapkan akan kian dapat menunaikan tugas hidupnya dengan teratur dan tertib menurut tatanan yang berlaku. Berkaitan dengan materi di atas, ditekankan pula pembahasan sifat umum ajaran Islam tentang keserasian dan keseimbangan antara pola hidup duniawi dan ukhrawi.

AGP101 Agama Kristen Protestan I
Mataajaran ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa agar dapat bertumbuh dan membentuk diri pribadi seutuhnya sebagaimana manusia ciptaan baru dalam Yesus Kristus. Akan dikaji dan dibicarakan dalam mataajaran ini antara lain: dasar dasar agama Kristen, pengertian dunia dan manusia, dasar dan akibat, rencana keselamatan dan penggenapannya, iman dan pengabdi¬an, serta tanggung jawab Kristen dalam dunia modern.

AGK101 Agama Katholik I
Mataajaran ini mengupayakan peningkatan  pemahaman mahasiswa akan konsep dalam gereja, penghayatannya tentang misteri  gereja, pergumulannya pada tugas dan kewajiban gereja, serta kesadarannya akan tugas dan tanggung¬jawabnya sebagai anggota gereja. Dalam mataajaran ini tak hanya paham gereja tentang struktur kepribadian manusia saja yang akan diungkapkan, akan tetapi juga pahamnya tentang masyarakat adil makmur akan ikut dipaparkan dan dibahas. Pada akhirnya para maha¬siswa  akan diajak   menyusun filsafat   hidup pribadi yang sesuai dengan paham penggereja dam masyarakat.

AGH101 Agama Hindu Dharma I
Mataajaran ini mengajak mahasiswa untuk memperdalam   pemahaman dan penghayatan keagamaan yang mantap, serta  mempertebal  keimanan dan mengandalkan kebaktian kepada Sang Hyang Widhi/Tuhan YME. Lewat pengalaman belajar dalam mataajaran ini para mahasiswa diharapkan akan menguasai pengertian pengertian mengenai sumber dan ruang Agama Hindu dan tatwa yang berorientasi pada asa spritual namun pragma¬tis. Mahasiswa diharapkan akan juga mempelajari berbagai masalah kehidupan bermasyarakat dan negara, serta dasar dasar kepemimpinan menurut pandangan agama Hindu.

AGB101 Agama Budha I
Mataajaran ini diacarakan secara khusus untuk membimbing mahasiswa yang ingin memahami, menghayati dan mengamalkan Pancasila, khusus¬nya Sila Pertama, lewat dharma dan kebaktian guna mempertebal iman (soddha) dalam upaya menjaga kelangsungan hidup agama, bangsa dan negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

ETS102 Etika Sosial Politik

Etika Sosial adalah cabang filsafat etika yang secara khusus hendak mendalami perilaku manusia (sebagai individu maupun sebagai makhluk sosial) menurut konsepnya yang umum dan universal. Teori pokok etika berpusar di sekitar soal determinisme dan indeterminisme perilaku manusia. Lewat mata kuliah ini dengan lebih mengarahkan pandangannya ke masalah keterkaitannya kepada perkembangan kebudayaan dalam berbagai konsteks kehidupan sosial manusia (sosialisme, liberalisme, komunisme). Problem etika sosial dalam realitas kehidupan sosial di Indonesia tentu saja tak akan diluputkan dari perhatian para mahasiswa.


Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)


PHS101 Filsafat Ilmu
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membantu para mahasiswa mengembangkan kemampuan berpikir secara keilmuan. Lewat mata kuliah ini para mahasiswa akan memahami perbedaan pengetahuan biasa (pengetahuan) dan pengetahuan ilmiah (ilmu), sumber-sumber pengetahuan, dan teori-teori kebenaran. Para mahasiswa juga akan dapat memahami dasar-dasar logika yang terdiri dari: term, konsep, proposisi, dan inferensi (penyimpulan). Dua model penyimpulan deduktif dan induktif serta berbagai sesat pikir dalam logika. Pada akhir kuliah ini para mahasiswa diharapkan dapat memahami terapannya dalam ilmu sosial dan politik.

S0A100 Pengantar Antropologi
Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai ruang lingkup dan konsep-konsep dasar dalam antropologi. Pokok-pokok bahasan diawali tentang sejarah perkembangan dan sub-sub disiplin antropologi, kemudian dilanjutkan dengan bahasan tentang tinjauan aspek fisik manusia yang membicarakan tentang asal-usul dan sejarah perkembangan manusia serta variasi fisik manusia. Selanjutnya dibahas aspek-aspek sosial budaya manusia dengan penekanan pada konsep dan karakteristik kebudayaan, aspek organisasi sosial, kekerabatan dan perkawinan, religi, bahasa, dan kesenian, serta bidang sosial budaya lain dan relevansi antropologi  dengan kehidupan masa kini.

MAS103 Pengantar Statistika Sosial
Matakuliah ini memberikan dasar dasar pengetahuan statistika deskriptif kepada para mahasiswa, yang tujuan utamanya adalah untuk mengantarkan mahasiswa ke arah kemampuan menyusun data. Para mahasiswa diajak untuk mempelajari beberapa pengetahuan dasar tentang statistika, seperti macam dan kegunaan statistika dalam ilmu ilmu sosial, dan pengertian pengertian dasar, seperti proses induksi, generalisasi, populasi, sampel, dan objektivitas. Kemudian, pembahasan lain menyangkut matriks data dan variabel (yang kontinyu dan yang diskrit), dan proses pengukuran berikut skala skala yang dihasilkan (yang nomi¬nal, ordinal, interval dan rasio). Para mahasiswa juga diajak untuk mengenali dan mampu membuat tabel, gambar, grafik, ukuran pemusatan (central tendency) dan sebaran (variance).

PNS104 Teknik Penulisan Ilmiah

Menulis, baik ilmiah maupun populer, seringkali menjadi kendala, dan kelemahan, utama bagi para mahasiswa dalam mengekspresikan berbagai ide dan atau konsep/teori. Matakuliah ini dipersiapkan untuk memberi pemahaman teoritik tentang beberapa model teknik penulisan, utamanya ilmiah. Selain itu, sejumlah latihan menulis secara akademik diberikan porsi secara memadai, sehingga para mahasiswa, setelah mengikuti matakuliah ini, mampu mengekspresikan ide, konsep dan teori dalam bentuk tulisan secara benar dan baik.

PNS201 Dasar Metodologi Penelitian
Melalui matakuliah ini para mahasiswa diharapkan dapat memperoleh bekal pengetahuan metodologi yang memadai dalam bidang penelitian sosial. Di sini para mahasiswa mempelajari pengertian penelitian dan dasar dasar metodologi, model model (yang dikembangkan menurut tujuan dan kegunaannya), persi¬apan pelaksanaan (meliputi pembatasan masalah dan perumusan hipotesis, pemilihan disain pengujian, penarikan sampel, pemilihan teknik koleksi data dan pembuatan instrumen untuk observasi dan pengukuran), pengenalan lapangan dan berbagai perma¬salahan yang ditemukan di situ. Akhirnya, matakuliah ini juga mengajak mahasiswa untuk mempelajari hal-hal pemilihan teknik pengolahan data serta metode metode yang dapat dipilih untuk menganalisis data.

SOP111 Pengantar Ilmu Politik

Setelah selesai mengikuti proses belajar mengajar dalam matakuliah ini, para mahasiswa diharapkan akan mampu memahami konsep konsep dasar ilmu politik, sebagai alat pokok mengenali, memahami, dan menjelaskan fenomena politik. Untuk mencapai tujuan ini para mahasiswa akan diajak mempelajari konsep konsep: politik, pemerintahan, kekuasaan, kewenangan, legitimasi, negara, bangsa, integrasi politik, ideologi, partai politik, perwakilan kepentingan dan politik, keputusan politik, konflik politik, perilaku politik, sistem politik (demokrasi, totaliter, autokrasi), dan sistem ekonomi (kapitalisme, komunisme, dan sosialisme) serta struktur dan peranan politik.

BAE 101 Bahasa Inggris I

Mataajaran ini untuk sebagian besar akan berupa  latihan latihan intensif guna meningkatkan kemampuan para mahasiswa berbahasa Inggris, sekalipun secara pasif, khususnya untuk keperluan baca membaca. Lewat mataajaran ini para mahasiswa akan banyak belajar memahami dan menganalisis struktur struktur kalimat di dalam bahasa Inggris. Latihan latihan secara khusus ditujukan untuk meningkatkan kecakapan mahasiswa   memahami pesan pesan yang disampaikan kepadanya di dalam bahsa Inggris itu, baik lewat tulisan (bacaan) maupun secara lesan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang juga dikembangkan lewat mataajaran ini.

PSS101  Pengantar Psikologi Sosial  
 
Matakuliah ini berisikan konsep konsep pokok tentang perilaku manusia, baik perilaku yang individual maupun yang berlangsung dalam kelompok. Matakuliah ini secara khusus membahas tentang bagaimana prilaku manusia dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang internal maupun yang eksternal. Selain itu, matakuliah ini memaparkan proses proses perubahan perilaku yang disebabkan oleh faktor faktor internal, faktor faktor penekanan, dan yang disebabkan oleh interaksi sosial. Konsep yang bersangkutpaut dengan sikap—ciri ciri, perubahan dan proses pembentukannya—prilaku massa, crowd dan publik, berikut ciri ciri serta kemungkinan kemungkinan pengendaliannya, merupakan tema-tema bahasan penting pada matakuliah ini.
   
SOS100 Pengantar Sosiologi
Tujuan yang ingin dicapai lewat matakuliah Pengantar Sosiologi ini ialah pemahaman mahasiswa mengenai konsep konsep dasar ilmu sosial, khususnya sosiologi. Melalui matakuliah ini para mahasiswa diha¬rapkan dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang berbagai konsep sosiologik, seperti kehidupan masyarakat, norma atau kaidah sosial, sanksi dan model kontrol sosial lainnya, proses sosialisasi, pengelompokkan sosial dan bentuk struktural yang dijadikannya, stratifikasi sosial yang melahirkan status, pembagian peran sosial, proses prses sosial, perubahan sosial (berikut persoalan sebab serta akibatnya) dan masalah kependudu¬kan. Setelah menguasai berbagai konsep dasar ini para mahasiswa diharapkan dapat memiliki pijakan awal yang baik guna mendalami lebih lanjut berbagai cabang kajian ilmu sosial, utamanya sosiologi, secara lebih khusus.

MNU103 Asas Asas Manajemen

Manajemen pada dasarnya adalah proses perencanaan, pengorganisasian (termasuk penataan personil), pengarahan, dan pengendalian usaha manusia yang tengah mendayagunakan sarana dan prasarana, demikian rupa sehingga tujuan terorganisasi itu dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Mataajaran ini dimaksudkan untuk mengajak mahasiswa mengkaji dari berbagai sudut pandang pengetahuan dan pengertian dasar mengenai kegiatan kegiatan manajemen itu, mulai dari fungsinya yang pra pelaksana (perencanaan) sampai ke fungsinya yang pasca pelaksanaan (kontrol).

HKD 104 Sistem Hukum Di Indonesia

Mata ajaran ini akan mengajak mahasiswa memahami hukum sebagai bagian suatu kebudayaan, khususnya di Indonesia yang susunan masyarakatnya terdiri dari berbagai suku bangsa, yang dapat disebut dalam keadaan pluralistis berlaku berbagai sistem hukum.  Hukum di Indonesia sebagai suatu sistem menjelaskan pengertian hukum sebagai acuan-acuan hidup beserta sumber-sumber hukum, komponen-komponen lainnya yang bergerak di dalam suatu mekanisme, substansi hukum (hukum in concrato dan hukum in abstracts), pembagian dan perbedaan hukum yang berlaku di Indonesia sebagai hukum positif. Seluruh perbincangan itu akan lebih jelas bila mahasiswa juga mengetahui sejarah hukum Indonesia yang cukup unik.

MNM201 Manajemen Sumber Daya Manusia
Lewat mataajaran ini para mahasiswa akan berkenalan dengan pengertian pengertian tentang pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi. Ia akan belajar bagaimana prinsip prinsip yang digunakan dalam memahami perilaku manusia yang bekerja dalam suatu organisasi, dan bagaimana  sumber daya itu dikembangkan. Topik topik yang akan dibicarakan di sini, antara lain, ialah: manusia dan organisasi, motivasi dalam organisasi, kelompok-kelompok kerja dalam organisasi, komunikasi dalam organisasi, pengaruh hadiah dan hukuman pada perilaku kerja, pendayagunaan sumberdaya manusia dalam rangka pencapaian tujuan, juga proses rekruitmen sampai dengan pelepasannya.

PNS203  Metode Penelitian Kuantitatif

Matakuliah Metode Penelitian Sosial Kuantitatif merupakan mata kuliah untuk memberikan pemahaman praktis tentang penelitian sosial kuantitatif. Dalam rangka ini, para mahasiswa diajak untuk membuat proposal penelitian, termasuk menyusun argumentasi dn merumuskan masalah, menyusun kerangka berfikir atau teori (theoretical framework), populasi dan penarikan sampel, proses penggalian data, dan model analisis data. Sasaran utama mata kuliah ini adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang bagaimana merencanakan, mempersiapkan dan merancang suatu penelitian secara baik.

PNS202  Metode Penelitian Kualitatif
Matakuliah Metode Penelitian Sosial Kualitatif ini ditawarkan untuk memberi pemahaman teoritik tentang paradigma dan atau perspektif metodologi sosial. Selain itu, mahasiswa diajak untuk memahami berbagai varian penelitian kualitatif. Sasaran utama matakuliah ini adalah untuk memberi bekal kepada mahasiswa, utamanya menyangkut pemahaman tentang perspektif metodologi (kualitatif), interpretasi dan analisis data secara kualitatif. Karena itu, mahasiswa yang mengambil matajaran ini dituntut telah mengambil dan atau memiliki pengetahuan tentang teori-teori ilmu sosial termasuk sosiologi.

SOP212 Sistem Politik Indonesia
Selesai mengikuti matakuliah ini secara aktif, mahasiswa akan mampu memahami kehidupan politik Indonesia, baik dari segi kesejarahannya maupun berdasarkan berbagai pendekatan/model model teoretik yang berkembang. Pendekatan pendekatan yang diperbincangkan dan dipakai meliputi: pendekatan institusional, pendekatan struktural fungsional, pendekatan struktural konflik, ekonomi politik, pendekatan kekuasaan (patrionial, birokratik otoriter, politik birokratik, dan korporatisme), dan tentu saja pendekatan sistem. Sistem politik Indonesia yang dicakup dalam pembahasan ini meliputi pasang surut dan perubahan perubahan sistem politik sejak Indonesia merdeka hingga kondisi terkini. Secara demikian, mahasiswa mampu mengapresiasi, mengenali permasalahan, dan memiliki kekayaan kerangka teoretik untuk memahami dan menjelaskan gejala yang terjadi.

SOS 250 Sistem Sosial dan Budaya Indonesia

Matakuliah ini memberikan dasar-dasar untuk menganalisis sebuah masyarakat yang sebelumnya telah dikonsepsikan sebagai suatu sistem kehidupan yang terbuka dan penuh interaksi (baik interaksi internal yang terjadi antarkomponen di dalam sistem maupun interaksi eksternal yang terjadi antara sistem dan lingkungannya). Pokok pokok tradisi fungsionalisme, utamanya teori Talcott Parsons, digunakan untuk membuat kerangka konseptual masyarakat sebagai suatu sistem, baik dalam wujudnya yang statik dan dinamik maupun dalam gerak gerak perubahan dan perkembangannya (meliputi gerak eksplosi, implosi dan inovasi), serta mengenai perubahan sistem, dari tinjauan pengaruh masukan energi, penduduk, teknologi dan informasi.

Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)


SOK110 Pengantar Ilmu Komunikasi 

Materi bahasan mataajaran ini meliputi pengenalan dasar komunikasi sebagai ilmu dan ilmu sosial yang bersifat multidisipliner, ruang lingkup, konsep konsep dasar dan proses komunikasi dalam kehidupan manusia. Selain itu didiskusikan perkembangan kajian komunikasi dari berbagai sudut pandang (transmisi dan ritual), model-model komunikasi, serta kajian updated studi komunikasi, terutama dari studi-studi kritis.

SOK202 Dasar-dasar Public Relations
Pembahasan mengenai pengertian, konsep konsep dasar, fungsi, ruang lingkup, dan proses kegiatan public relations dalam upaya menciptakan citra positif dan hubungan baik suatu organisasi dengan publik sasaran baik eksternal maupun internal.

SOK210 Communication Texts
Merupakan kelanjutan dan pendalaman dari apa yang telah dipelajari dalam mata ajaran Bahasa Inggris I. Secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi (speaking, listening, writing dan reading). Secara khusus mataajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca bahan bahan kepustakaan ilmiah bidang ilmu komunikasi yang tertulis dalam bahasa Inggris, terutama pemahaman tentang perkembangan istilah istilah dalam ilmu komunikasi.

SOK211 Teori Komunikasi
Pembahasan mengenai pendekatan pendekatan yang dapat dipergunakan dalam ilmu komunikasi, model sekaligus teori-teori yang menjelaskan tentang fenomena komunikasi, terutama studi kritis yang berkaitan dengan kajian studi media.

SOK220 Komunikasi & Psikologi Sosial

Pembahasan mengenai pola pola perilaku individu dalam komunikasi. Topik bahasan meliputi pemahaman tentang peristiwa peristiwa mental dan behavioral dalam proses komunikasi, analisis perilaku individu dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Penjelasan tentang komunikasi intrapersonal (sensasi persepsi memori dan berpikir) dan komunikasi interpersonal (persepsi konsep diri dan atraksi), sistem dan efek komunikasi, psikologi komunikator, psikologi pesan dan psikologi kelompok.

SOK240 Dasar Dasar Jurnalistik
Mataajaran ini berisikan pengertian dan batasan berita, rumusan dan bangunannya yang berkaitan pula dengan wawancara, menggunakan bahasa pers dan metode pencarian berita. Mahasiswa juga akan diperkenalkan pada pengetahuan tentang latihan membuat berita, laporan feature dan reportase melalui media yang dipilih.

SOK360 Komunikasi Politik
Berisi tentang pemahaman proses proses politik sebagai proses komunikasi, mengkaji berbagai permasalahan politik dari sudut tinjau komunikasi. Pendalaman materi akan diperoleh melalui pembahasan topik topik yang relevan dengan permasalahan komunikasi politik, ikhwal pemimpin politik sebagai komunikator politik, persuasi politik dan propaganda, macam saluran komunikasi yang vital untuk kepentingan politik, sistem pers dan sebagainya.

SOS224 Sosiologi Komunikasi
Komunikasi merupakan suatu fenomena yang tak terelakkan di era sekarang, utamanya berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi dan media secara luar biasa. Para mahasiswa, tak pelak, dituntut untuk senantiasa mengikuti dan atau memahami seluk-beluk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk internet. Mata kuliah Sosiologi Komunikasi ini memfokuskan pada pembahasan mengenai hubungan timbal balik antara media massa dan masyarakat serta teori teori sosiologi yang menjelaskan tentang fungsi sosial, eksistensi dan peran media massa dalam kehidupan dan perubahan sosial.

Pembahasan mengenai hubungan timbal balik antara media massa dan masyarakat serta teori-teori sosiologi yang relevan dengan eksistensi dan peranan media massa dalam kehidupan dan perubahan sosial.

SOK250 Komunikasi Pemasaran
Mataajaran ini membahas strategi komunikasi dalam upaya "brand building" suatu merk perusahaan untuk mencapai "brand equity", "positive corporate image", "positive product image". Dalam konteks pemasaran, matajaran ini lebih banyak membahas variabel Promosi dari variabel-variabel terkendali pemasaran setelah Product, Price, dan Place. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu membuat rekomendasi komunikasi pemasaran dalam tataran strategik maupun taktis secara umum terhadap permasalahan yang dihadapi suatu merk produk dari suatu perusahaan dalam situasi persaingan.

SOK260 Pengantar Kajian Media
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar studi-studi media (media studies). Dalam mata ajaran ini akan diperkenalkan key concepts atau konsep-konsep kunci yang digunakan dalam teori-teori studi media. Dengan akar perspektif cultural studies dari Birmingham School, mata kuliah ini akan memberikan pengantar terhadap teori-teori dasar media studies

SOK350 Komunikasi Periklanan

Mataajaran ini, idealnya bisa diambil oleh mahasiswa yang telah lulus matajaran Komunikasi Pemasaran agar tidak kehilangan arah dalam konstek pemasaran. Pembahasan meliputi pemahaman mengelola biro iklan (advertising agency) yang terdiri dari divisi divisi dan fungsi-fungsi, account service, creative, media, finance dan research. Pembahasan lebih banyak diarahkan dalam konteks perikalanan sebagai salah satu alat promosi dari alat-alat komunikasi pemasaran. Berbagai tujuan periklanan dalam konteks pemasaran, positioning dan riset iklan, serta kode etik periklanan akan dibahas, termasuk membahas beberapa iklan di dalam negeri maupun luar negeri, sehingga mahasiswa punya pengetahuan teoritik dan mampu memproduksi iklan dengan teknologi komunikaksi sederhana, namun secara kreatif mampu membangun ekuitas suatu merek produk.

SOK360 Komunikasi & Modernitas

Bertujuan untuk memahami posisi dan dinamika komunikasi dalam pembangunan serta kemampuan untuk menunjang pembangunan. Pokok ajarannya meliputi posisi komunikasi dalam teori teori pembangunan, pemahaman bahwa komunikasi merupakan faktor integral dan penentu dalam pembangunan, kecuali itu terdapat kendala status, kendala metodologis dan kendala psikososial yang ikut terlibat dalam berbagai aspek komunikasi pembangunan.

SOK362  Riset-Riset Komunikasi
Pembahasan mengenai berbagai metoda dan teknik penelitian komunikasi yang mencakup penelitian sumber, media, pesan, khalayak, dampak dan jaringan komunikasi. Secara khusus akan dibahas metode-metode khas penelitian kajian komunikasi  baik yang kuantitatif (seperti readability, analisis jaringan, content analysis, studi efek media). Riset-riset Komunikasi pemasaran  dan perilaku konsumen juga akan diajarkan dalam mata kuliah ini. Pendekatan metode kuantitatif lebih banyak ditawarkan dalam mata ajaran ini.

SOK363 Media & Cultural Studies Research Methodologies

Membahas model-model dan contoh-contoh penelitian komunikasi kualitatif, seperti analisis tekstual, naratif analisis, analisis wacana, visual metodologi, etnografi audience, dan kajian-kajian studi media dan komunikasi yang diteliti dengan metode induktif, etnografi, dan penelitian grounded yang selama ini dilakukan dalam tradisi studi media dan budaya

SOK365 Teknologi Komunikasi & masyarakat
Pembahasan mengenai perkembangan teknologi komunika¬si, bentuk bentuk teknologi komunikasi yang ada dan karakteris¬tiknya masing masing, manfaat serta implikasinya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan politik. Selain itu, akan didiskusikan juga kemungkinan pengembangan ke masa depan dalam dunia Ilmu Komunikasi serta wacana-wacana teoritis yang terjadi dalam perkembangannya.

ETS410 Etika dan Filsafat Komunikasi

Mata ajaran ini berisi tentang perspektif, persoalan, contoh contoh dan studi kasus masalah etika dalam komunikasi insani. Juga mempelajari implikasi implikasi etis mengenai keragaman jenis komunikasi insani, apakah itu lisan atau tulisan; komunikasi informatif, persuasif, ekspositori, argumentatif, retoris; atau komunikasi interpersonal, kelompok kecil, publik dan massa. Filsafat komunikasi membahas mengenai beberapa sudut pandang dalam penelaahan fenomena komunikasi dari aspek aspek epistemologi,  ontologis,  aksiologis dan metodologis.
 
Matakuliah Keilmuan & Ketrampilan (MKK) Wajib Program Studi

PNS497 Penulisan Proposal Skripsi

Seminar membahas permasalahan permasalahan komunikasi di berbagai bidang kajian komunikasi seperti periklanan/komunikasi pemasaran, hubungan masyarakat, jurnalistik serta komunikasi interpersonal, organisasi dan komunikasi massa. Seminar ditekankan pada pembahasan menge¬nai aspek aspek teoritis, konseptual dan metodologis, sehingga mahasiswa mampu merancang rencana penelitian bidang komunikasi yang didasari penguasaan metodologi.

PNS499 Skripsi
Mata ajaran ini bertujuan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa untuk memahami fenomena komunikasi dengan berdasar pada bekal pemahaman atas konsep dan teori yang dimiliki, dan menuangkannya ke dalam penulisan ilmiah. Pengkajian fenomena tersebut didasarkan pada proses penelitian ilmiah dengan mengikuti kaidah-kaidah metodologi penelitian. Selama menempuh mata ajaran ini, mahasiswa diharapkan melalui proses ini secara mandiri, mulai dari pengumpulan data, tinjauan pustaka sampai dengan interpretasi dan analisis atas data tersebut melalui bimbingan seorang dosen. Data dapat diperoleh mahasiswa melalui mataajaran Magang di tempat yang telah ditentukan (salah satu dari industri  komunikasi) yang diambil sebelum atau bersamaan dengan pengambilan mataajaran skirpsi ini. Mataajaran ini adalah salah syarat bagi penyelesaian studi di program Ilmu Komunikasi.

SOK261 Fotografi
Pembahasan dan praktek mengenai konsepsi, prinsip-prinsip, proses dan teknik-teknik memproduksi foto sebagai karya jurnalistik, baik berdiri sendiri maupun sebagai penunjang pemberitaan. Selain itu perlu mengetahui teknik dan penggunaan alat foto. Berbagai jenis dan penggolongan foto, seperti foto salon, artistik, human interest dan sebagainya. Perlu diketahui, dipahami, relevansinya untuk di ekspose dalam mendukung berita dan untuk praktek fotografi di lapangan (PKL), diperuntukan dengan berbagai sasaran (manusia, tanaman/bunga, binatang, perkotaan/ pedesaan/industri, dan lain- lain).

SOK361 Komunikasi dan Multikulturalisme
Membahas tentang analisis permasalahan permasalahan komunikasi yang berlangsung dalam konteks multikultur melalui pendekatan pendekatan yang multidisiplin. Pembahasan akan berkisar pada permasalahan komunikasi yang timbul akibat perbedaan kultur  dalam konteks lokal maupun global, serta bagaimana mengelola keberagaman kultur tersebut (managing diversity) Akan dibahas studi kasus dengan merujuk ke contoh contoh di Indonesia maupun internasional.

SOK364 Media & Masyarakat
Perkembangan Media sebagai institusi, kontennya, dan perannya dalam masyarakat menjadi penting untuk dilihat. Sebagai institusi media massa mempunyai peran untuk mengorganisasikan nilai, ideologi dan norma-norma dalam masyarakat. Pada perkembangannnya institusi media dan industrinya terikat dan tidak terlepas dengan kondisi & karakteristik sistem sosial, ekonomi dan politik negara dimana media massa berkembang. Dalam mata kuliah ini aspek-aspek media massa dan budaya popular mencerminkan kondisi dan tren yang berkembang di masyarakat. Mata kuliah ini akan mengajarkan analisis kritis terhadap isi media, peran organisasi dan fungsi media massa dalam mengkonstruksi dan merepresentasikan budaya dan kondisi sosial masyarakat.

SOK366 Industri Media Massa
Pembahasan mengenai pengelolaan lembaga media massa, baik media cetak, audio, maupun audio visual dan media interaktif sebagai bentuk teknologi baru. Topik bahasan meliputi konsep manajemen dan pemasaran yang diterapkan untuk perusahaan media massa, perundang-undangan serta persoalan-persoalan terkini dalam menajemen media massa.

SOK368 Desain Komunikasi Visual 1
Pembahasan teoritis disertai praktek tentang pembuatan disain komunikasi visual yang meliputi pengenalan dan penggunaan simbol, teknik visualisasi, warna dan huruf, proses berpikir kreatif dalam dunia visual.

SOK 371 Komunikasi Internasional
Pembahasan mengenai tata informasi dan komunikasi internasional mulai dari sejarah dan latar belakangnya, struktur dan pengaruhn¬ya terhadap sistem arus informasi internasional. Termasuk di dalamnya masalah ketimpangan arus informasi. Mata ajaran ini juga akan membahas berbagai implikasinya terhadap berbagai bidang kehidupan, terutama bagi negara berkembang termasuk Indonesia.

SOK450 Consumer Culture
Mata ajaran ini merupakan kelanjutan dari mata ajaran komunikasi dan konsumen sehingga idealnya mata ajaran ini diambil oleh mahasiswa yang telah mengambil dan atau telah lulus mata ajaran Komunikasi dan Konsumen. Dalam Consumer Culture ini, akan dibahas lebih jauh mengenai faktor budaya yang mempengaruhi proses konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli atau mengkonsumsi suatu produk, jasa atau merek. Lebih jauh juga akan dibahas mengenai perancangan promosi dalam konteks pemasaran secara umum dengan menitikberatkan  pada aspek budaya.

SOK463 Kajian Sinema 
Mata kliah ini membahas film dari beragam perspektif . Mata kuliah ini mengeksplorasi teori-teori utama dalam film melalui analisis kritis dan kajian khusus terhadap film sebagai sebuah teks. Mata kuliah ini bertujuan untuk membentuk pemahaman terhadap film sebagai text media kultur yang kompleks melalui diskusi-diskusi mengenai pendekatan teoritis dan kritis. Pendekatan-pendekatan ini bisa jadi meliputi teori realis, kritik genre, teori auteur, structuralism, atau feminism. Dalam mata kuliah ini juga didiskusikan bagaimana konteks sosial dan sejarah berperan besar dalam konstruksi makna dalam film dengan memperhitungkan film sebagai sebuah bentuk seni dan sekaligus bentukan budaya.

SOK221 Komunikasi Antar Persona

Pokok bahasan pada Komunikasi Antar Persona (KAP) mencakup bidang kajian KAP,  definisi, teori, proses terjadinya hubungan,atau tahapan-tahapan dalam suatu hubungan, strategi yang digunakan dalam memutuskan hubungan, dan bagaimana cara mengatasi konflik. Pemahaman komunikasi  antar persona dalam konteks  pertemanan, persahabatan dan percintaan serta bidang penelitian dalam bidang komunikasi antar persona.

SOK 330 Public Speaking
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang teori dan praktek berkomunikasi lisan, seperti presentasi ilmiah, pidato formal dan informal. Materi meliputi bagaimana mengidentifikasi audiens, merencanakan materi, memahami respon audiens, mengevaluasi hasil.

SOK331 Komunikasi Organisasi
Materi bahasan mencakup komunikasi organisasi secara teoritis dan aplikasinya. Pemahaman komunikasi organisasi dari sudut pandang subyektif dan obyektif, pendekatan-pendekatan dalam komunikasi organisasi, proses komunikasi organisasi dan riset tentang komunikasi organisasi.

SOK332 Public Relations Advanced
Memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai pengertian humas, salah satu disiplin dalam ilmu komunikasi, terutama yang ada kaitannya dengan perusahaan swasta. Humas dan Aplikasinya adalah suatu proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mendapatkan suatu sikap yang berhubungan dengan sasaran yang ditentukan. Konsep Humas dan Aplikasinya akan ditekankan pada sarana dasar proses manajemen, baik mengenai manajemen umum, maupun manajemen pemasaran, yang dicakup dalam ruang lingkup Humas dan Aplikasinya, baik dalam kaitan dengan kegiatan ke dalam maupun ke luar (internal dan external communication). Untuk matakuliah ini idealnya mahasiswa telah menempuh matakuliah dasar-dasar PR.

SOK334 Komunikasi Bisnis

Secara umum komunikasi bisnis membahas cara cara berkomunikasi yang efektif dan efisien dalam konteks bisnis. Bahasan meliputi spoken business communications (public speaking/presentation, business meeting) dan written business communications (business letter dan business report serta publicity materials/press release).

SOK335 Perencanaan Event (MICE)
Berisi teori dan praktek tentang merencanakan dan mengelola  peristiwa peristiwa atau kegiatan seperti pameran/eksibisi, konferensi, pertemuan/meeting, konvensi, launching, serta perayaan/entertainment. 

SOK351 Komunikasi dan Perilaku Konsumen
Materi mataajaran ini dirancang dan disampaikan secara tatap muka dan diskusi yang membahas tentang apa, mengapa dan bagaimana perilaku konsumen dalam pembelian, baik yang berkaitan dengan perilaku pra pembelian, ketika tindakan pembelian terjadi dan tindakan pasca pembelian. Pemahaman tentang konsumen dan perilakunya, bagi perusahaan dan individu yang berorientasi pasar atau khususnya yang bergerak di bidang komunikasi pemasaran, akan mengarahkan strategi dan program penyampaian pesan mengenai suatu produk atau jasa yang mampu menarik konsumen untuk membeli dan mempertahankan pelanggan

SOA 363 Budaya Korporat

Mata kuliah ini membahas tentang konsep, bentuk, jatidiri, model, fungsi dan struktur budaya organisasi. Sebagai pengembangan dari Antropologi Ekonomi dan Industri, mata kuliah ini termasuk dalam lingkup antropologi bisnis. Berbeda dengan organisasi sosial, penekanan mata kuliah ini pada kegiatan ekonomi yang terdiri dari produksi, distribusi dan konsumsi dan dilihat dalam perspektif budaya organisasi bisnis. Dibahas pula dalam mata kuliah ini model organisasi bisnis tradisional dan modern  baik yang diselenggarakan oleh pemerintah dan non pemerintah.

SOK430 PR Writing
Matakuliah ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dalam menulis materi-materi Public Relations seperti press release, proposal kegiatan, ILM, advertorial, laporan tahunan, company profile. Untuk itu mahasiswa harus menempuh matakuliah dasar-dasar Public Relations.

SOS453 CSR & Community Development

Seiring dengan Millinium Development Goals (MDGs) Program, peran industri terhadap pembangunan di masyarakat semakin diperlukan. Melalui mata kuliah ini para mahasiswa akan diberikan pemahaman tentang latar historis problematika hubungan industri dan masyarakat, tanggungjawab sosial perusahaan terhadap stakeholders (pemangku kepentingan), program CSR dan PBL terhadap pembangunan masyarakat, perencanaan pembangunan berbasis komunitas, pengorganisasi komunitas dalam kerangka pemberdayaan masyarakat.

SOK340 Media & Hukum
Pembahasan mengenai Media Massa dan Hukum yang berlaku di Indonesia. Materi bahasan menyangkut latar belakang filosofis tentang keten¬tuan hukum dan kode etik media massa, kedudukan, peran dan kewajiban media massa, serta sistem media massa di Indonesia.
 
SOK341 Jurnalisme Media Cetak   
Mataajaran ini berisikan sejarah awal jurnalistik, pengertian dan batasan berita media cetak, rumusan dan bangunannya yang berkaitan pula dengan teknik pencarian berita, pengolahan data, dan penulisan berita untuk media cetak, layout (perwajahan), dan penggunaan bahasa jurnalistik media cetak. Mahasiswa juga akan diperkenalkan pada pengetahuan dasar tentang manajemen media cetak, serta hukum dan kode etik jurnalistik. Untuk matakuliah ini idealnya mahasiswa telah menempuh matakuliah dasar-dasar jurnalistik.

SOK342 Fotografi Jurnalistik
Mataajaran ini berisikan sejarah awal fotografi, pengertian dan jenis-jenis fotografi jurnalistik pengenalan kamera digital (SLR maupun pocket), teknik pemotretan, bahasa foto, pengolahan hasil foto, dan penyajian hasil foto (layout). Mahasiswa juga akan diperkenalkan pada pengetahuan dasar tentang hukum dan kode etik fotografi jurnalistik. Untuk matakuliah ini idealnya mahasiswa telah menempuh matakuliah Fotografi.

SOK343 Jurnalisme OnLine   
Mataajaran ini berisikan sejarah awal jurnalisme media online, pengertian dan batasan berita media online, rumusan dan bangunannya yang berkaitan pula dengan teknik pencarian berita, pengolahan dan update data, dan penulisan berita untuk media online, layout (perwajahan) media online, dan penggunaan bahasa jurnalistik media online. Mahasiswa juga akan diperkenalkan pada pengetahuan dasar tentang manajemen media online, serta hukum dan kode etik jurnalistik media online. Untuk matakuliah ini idealnya mahasiswa telah menempuh matakuliah dasar-dasar jurnalistik.

SOK344 Produksi Media Cetak  
 
Mataajaran ini berisikan pengertian dan teknis produksi media cetak. Baik dalam bentuk surat kabar, tabloid, majalah, newsletter. Mahasiswa juga akan diperkenalkan pada pengetahuan tentang latihan membuat tata-letak (layout) media cetak dari pengenalan dan praktek penggunaan sofware pengolahan tataletak/perwajahan media (pagemaker, photoshop, freehand corell draw, dsb), editing berita, percetakan, packaging (pengemasan) media, hingga pada manajemen distribusi (sirkulasi) media. 

SOK345 Jurnalisme Media TV & Radio   
Mataajaran ini berisikan sejarah awal jurnalisme media TV dan radio, pengertian dan batasan berita media elektronik, rumusan dan bangunannya yang berkaitan pula dengan teknik pencarian berita, pengolahan data, dan penulisan berita untuk media elektronik, penggunaan bahasa jurnalistik media elektronik, dan penyajian berita media elektronik (praktikum sebagai presenter televisi atau penyiar radio dan penggunaan kamera televisi atau peralatan studio radio). Mahasiswa juga akan diperkenalkan pada pengetahuan dasar tentang manajemen media elektronik, hukum dan kode etik jurnalistik media elektronik. Untuk matakuliah ini idealnya mahasiswa telah menempuh matakuliah dasar-dasar jurnalistik.

SOK367 Media Anthropology
Perkembangan studi media dan pengaruh dari tradisi Antropologi telah banyak dibahas. Kajian-kajian etnografi film dalam dokumenter dan visual antropologi menjadi persentuhan antara studi media dalam tradisi komunikasi dan studi budaya dalam kajian antropologi. Mata kuliah ini juga akan mempelajari tentang kehidupan sehari-hari dan budaya penonton dan konsumen media dengan konteks sosial budaya yang dijalaninya masing-masing

SOK462 Creative Art & Visual Culture
Mata kuliah ini membahas kajian kritis terhadap imaji visual yang bermunculan secara massif secara kuantitas, kualitas dan signifikansinya dalam kehidupan modern dalam konteks ilmu komunikasi. Walau akarnya berasal dari sejarah seni, budaya visual kini ditempatkan dalam konteks komunikasi massa sebagai konsekuensi logis peran media dan komunikasi, yang meliputi produk budaya fotografi, televise, film, serta media baru seperti web, digital imaji, kemudian desain grafis dan atau produk periklanan dan pemasaran. Studi ini menekankan peran media visual dalam kehidupan dan signifikansi media visual dalam meluncurkan pesannya da ruang public.

SOK 460 Media, Gender dan Identitas
Permasalahan relasi perempuan dan laki-laki dalam masyarakat seringkali dikonstruksi oleh media massa yang merupakan produk-produk budaya popular. Saat ini representasi perempuan, konsepsi-konsepsi feminisme, maskulinisme, gay dan lesbian dapat dibaca dari hasil produk-produk media tersebut. Mata kuliah ini mengulas tentang representasi gender dalam media baik cetak maupun elektronik serta bagaimana konstruksi identitas jender di media. Dalam kuliah ini akan lebih banyak dilakukan diskusi dan analisis langsung terhadap produk-produk media seperti film, radio, televisi, surat kabar, majalah, juga internet.

SOK461 Cyber Culture: Internet, Multimedia, dan Budaya
Mata kuliah ini membahas bagaimana teknologi-teknologi baru (new technologies) mempengaruhi dan membentuk praktik-praktik budaya dalam masyarakat. Termasuk didalamnya pembahasan tentang konsep dasar cyberspace dan cyberculture baik dalam konteks teoritis maupun teknologis seperti virtual community, identitas, cyborg serta beberapa tema-tema khusus seperti popular cyberculture, cybersubculture, cyberfeminism,serta cyberbodies

Mata Kuliah Kehidupan Belajar Bersama (MKBB)

IAD101 Ilmu Alamiah Dasar
Mataajaran Ilmu Alamiah (IAD) bertujuan mengembangkan kepribadian mahasiswa dan wawasan pemikirannya dalam kegiatan dengan ikhwal alam semesta. Lewat pengalaman belajar IAD para mahasiswa diharapkan memiliki daya tanggap, persepsi, dan penalaran tentang lingkungan alam semesta. Isi mataajaran ini berkisar, antara lain, di seputar pengertian kejadian alam semesta, perkembangan biologis manusia, penalaran tentang lingkungan alam semesta (sebagai pangkal kelahiran ilmu pengetahuan alam dan penalaran induksi serta kelahiran teori sistem tata surya), sistem bumi, perkembangan kehidupan di muka bumi, dan akhirnya mengenai hal teknologi sebagai bagian dari upaya manusia mengolah alam guna kepentingan hidupnya.

KKN 495 Belajar Bersama Masyarakat

Mataajaran ini merupakan suatu kegiatan praktek di lapangan dan diintegrasikan ke dalam kegiatan kegiatan dharma ketiga perguruan tinggi, ialah dharma pengabdian. Melalui mataajaran ini para mahasiswa akan melatih diri untuk mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang diperolehnya lewat pendidikan dan penelitian guna kepentingan pembangunan masyarakat. Melalui mataajaran ini pula para mahasiswa akan belajar bekerja dan berkarya secara mandiri (secara individual ataupun dalam kelompok) dalam kerangka pemikiran interdisiplin untuk mengembangkan aspek kognisi, afeksi dan psikomotor dirinya sebelum meninggalkan kampus sebagai seorang sarjana.
 
SOK400 Internship
Internship merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan pada suatu lembaga yang bergerak di industri komunikasi selama 3 bulan di bawah bimbingan seorang dosen yang punya kompetensi dan ditunjuk, agar mahasiswa memperoleh pengalaman praktis. Latihan memproduksi media cetak khususnya surat kabar, majalah, leaflet dan poster. Sedangkan untuk praktikum media elektronik radio, latihan memproduksi acara siaran radio dari mulai perencanaan acara siaran, penulisan script sampai ke produksi dan penyiaran acara. Begitu pula untuk praktikum audio visual, latihan memproduksi acara siaran TV dari mulai perencanaan materi acara, penulisan script sampai ke produksi dan penyiaran acara. Kegiatan Internship akan diselenggarakan di salah satu lembaga media cetak, stasiun radio, dan stasiun televisi, kantor berita.

SOA 211 Etnografi Indonesia
Mataajaran ini membahas keragaman dan keseragaman suku-suku bangsa di Indonesia berdasarkan unsur-unsur budaya, nilai-nilai budaya, serta tipe-tipe sosial-budaya berkaitan dengan lingkungan hidupnya. Keragaman dan keseragaman suku-suku bangsa di Indonesia itu akan dipelajari berdasarkan kategori tertentu, antara lain: adat, Jawa-luar Jawa, tipe-tipe sosial-budaya dan ekologis, maupun masyarakat terasing/tidak terasing. Berdasarkan kategori tersebut, dalam mempelajari mataajaran ini dapat dimulai dari pulau Sumatera (Batak, Minangkabau, Nias, Mentawai, Sakai), Kalimantan (Dayak), Sulawesi (Bugis, Makassar, Minahasa, Kepulauan Maluku), Irian Jaya (Biak, Dani, Asmat), NTT –NTB (Timor, Sumba, Flores,  Sumbawa), Bali (Bali), hingga Jawa-Madura (Madura, Jawa, Sunda, Baduy, Betawi). Melalui mataajaran ini mahasiswa diharapkan dapat mendiskusikan serta mampu membuat peta etnografi suku-suku bangsa di Indonesia tersebut.

SOK320 Komunikasi Kesehatan
Memberikan pemahaman tentang komunikasi kesehatan dan kependudukan yang semakin berkembang dari berbagai segi, seperti komunikasi antara para penyuluh kesehatan dengan masyarakat, bagaimana sistem sosial mempengaruhi penerimaan ide ide cara hiudp sehat. Juga membahas mengenai hubungan sistem kesehatan tradisional dengan sistem kesehatan modern. Selanjutnya dibicarakan mengenai masalah komunikasi kependudukan seperti bagaimana menyebarkan nilai nilai keluarga berencana, NKKBS, transmigrasi dan segala aspek yang berkaitan dengan kependudukan, memahami kendala yang dialami dalam upaya menyebarkan dan menciptakan kondisi yang sehat di masyarakat serta berhasilnya program kependudukan.

SOK321 Komunikasi Keluarga

Pokok bahasan dalam Komunikasi Keluarga meliputi  tentang definisi keluarga, komunikasi dan komunikasi keluarga.  Teori yang berkaitan dengan komunikasi keluarga, metoda penelitian serta konflik yang terjadi dalam keluarga dan cara mengatasinya.Pemahaman Komunikasi Keluarga dalam konteks keluarga inti, keluarga besar dan keluarga yang terdiri mereka yang tidak mempunyai hubungan secara biologis, serta bidang penelitian dalam Komunikasi Keluarga.

SOP331  Demokrasi & Demokratisasi

Matakuliah ini menawarkan perspektif, pendekatan dan teori tentang  demokrasi sebagai sebuah ide politik beserta perdebatan-perdebatan kontemporernya dan demokratisasi sebagai sebuah proses institusionalisasi praksis pengembangannya dalam sistem politik. Sebagai ide, demokrasi dipahami secara ideal dan normatif. Namun untuk memahaminya secara kritis, perlu diungkapkan bagaimana perdebatan-perdebatan seputar ide demokrasi berkembang dan menimbulkan kontroversi ketika demokrasi menjadi sebuah langkah praksis politik. Terlebih ketika demokrasi diterangi sebagai sebuah kisah sukses negara-negara maju secara politik dan ekonomi, maka demokrasi mendatangkan perdebatan baru yaitu bagaimana kontekstualitas sistem politik non barat mampu mengadaptasikan dengan ide-ide demokrasi dan demokratisasi.  Perspektif yang ditawarkan adalah ide-ide demokrasi, pengembangan dan pelembagaan demokrasi, agen-agen yang mengusung demokratisasi, konsolidasi dan demokratisasi, kaitan demokrasi dan outcome pertumbuhan ekonomi, tantangan-tantangan habituasi demokrasi dan demokratisasi di negara berkembang, terkhusus kasus Indonesia pasca orde baru.

SOP351 Ekonomi Politik

Melalui matakuliah ini mahasiswa akan dibekali pengetahuan perihal ketakterpisahan antara bidang politik dan bidang ekonomi dalam arti luas. Beragam perspektif yang mengait langsung antara bidang politik dan bidang ekonomi didalami bersama dalam proses belajar-mengajar. Di penghujung akhir, mahasiswa diharapkan mampu menggunakan berbagai alternatif perspektif ekonomi politik, seperti perspektif neo klasik/neo liberal, neo merkantilis, growth with equity dan/atau radikal, basic human needs, serta tata ekonomi dunia baru, untuk menjelaskan berbagai permasalahan kemanusiaan. Keseluruhan perspektif itu akan diurai dalam konteks dinamik perubahan-perubahan sosial besar yang  bersifat global.

SOK353 Perencanaan Media
Mataajaran ini membahas istilah-istilah pengukuran efektivitas media dalam membangun suatu merek. Pembahasan penentuan media untuk periklanan, kampanye dan pemasaran sosial. Topik bahasan terdiri dari penjelasan tentang permasalahan produk yang akan dipasarkan, karakteristik media dan penggunaan media yang efektif dan efisien untuk periklanan.

SOK354  Pencitraan Merk
Hal penting yang membedakan para ahli ekonom dan para komunikator pemasaran adalah ahli ekonom lebih melihat pasar sebagai pembeli komoditi sedang komunikator pemasaran melihat pasar sebagai kumpulan pembeli merek. Komunikator pemasaran memahami bahwa konsumen bukan membeli sabun, mobil, kecap, atau komputer tetapi membeli Lux, Vinolia, Lifebuoy. Toyota, Suzuki, ABC, Bango, IBM, Toshiba dan sebagainya. Merek itulah yang membedakan satu produk dengan lainnya. Dengan strategi merek yang baik, komunikator pemasaran akan lebih mudah dalam mengkomunikasikan informasi-informasi yang berkaitan dengan suatu produk atau jasa dan imbasnya perusahaan dapat lebih mudah menguasai pasar. Selain itu, merek yang baik tak kalah pentingnya dengan harta perusahan lainnya. Merek adalah equity yang mempunyai nilai penting bagi peningkatan value bagi para pemegang saham.

SOK355 Perencanan Kreatif Periklanan
Membahas mengenai pengertian kreatif, proses kreatif. Pengembangan pesan, pengemabangan strategi kreatif, eksekusi kreatif, penulisan naskah iklan (copy writing), produksi iklan dan evaluasi pesan.

SOA362 Perubahan Masyarakat dan Kebudayaan 

Dalam mata kuliah ini antara lain dibahas tentang konsep dasar, makna dan dampak, level-level perubahan sosial-budaya, maupun bentuk perubahan masyarakat dan kebudayaan dalam kehidupan yang empiris. Dalam kaitannya dengan perubahan masyarakat dan kebudayaan, akan diperbincangkan pula konsep dan teori: difusi, krisis budaya, proses-proses sosial-budaya secara khusus. Dibahas juga perubahan sosial-budaya pada level kemasyarakatan, seperti modernisasi, industrialisasi, urbanisasi, birokratis, dan sekularisasi. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memiliki rasa sensitivitas terhadap makna dan dampak perubahan masyarakat dan kebudayaan tersebut dengan cara memperkenalkan dan mengkajirealitas empiris di lapangan.

SOK369 Desain Komunikasi Visual 2
Desain Komunikasi Visual 2 merupakan matakuliah lanjutan  Desain Komunikasi Visual 1 dengan materi aplikasi-aplikasi desain dalam dunia industry komunikasi massa. Dengan mempergunakan perangkat lunak dalam desain visual, mahasiswa dituntut mampu mengeksekusi rancangan desain dengan baik dan  relevan. 

KKA404 Keasistenan Ilmu Komunikasi
Mahasiswa yang telah memperoleh 110 SKS dan mempunyai IPK sekurang-kurangnya 3.00 akan diberi kesempatan untuk membantu kegiatan salah seorang dosen dalam tugas menyelenggarakan proses belajar mengajar, termasuk menyusun satuan acara perkuliahan (SAP). Melalui pengalaman belajar seperti ini para mahasiswa  akan berkesempatan melatih diri sebagai fasilitator proses belajar mengajar bagi mahasiswa lain.

SOK464 Perencanaan & Penulisan Naskah Audio

Pembahasan secara teoritik disertai praktek mengenai teknik penulisan naskah, penyusunan program siaran serta bagaimana langkah langkah dan cara memproduksinya sehingga siap untuk disiarkan.

SOK465 Produksi Program Audio
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari Perencanaan dan Penulisan Naskah Program Audio Visual, dengan materi berupa aplikasi produksi  pesan-pesan audio seperti program radio, iklan radio, drama radio, talkshow radio, liputan radio. Untuk memperkuat pemahaman mahasiswa, matakuliah ini juga memperkenalkan variasi program audio dan dinamika produksinya, dan melakukan proses mini produksi sebagai aplikasinya.

SOK466 Produksi Program Audio Visual
Matakuliah ini membahas aspek dasar produksi program audio visual antara lain berupa film fiksi dan dokumenter, video klip, drama televisi, talkshow, liputan lapangan. Aspek dasar ini adalah perencanaan produksi dan penulisan naskah program audio visual.  Pada matakuliah ini mahasiswa dikenalkan dengan proses pencairan ide, penulisan treatmen, synopsis, scenario, hingga proses casting, manajemen produksi dan sekaligus mekanisme promosi dan distribusi. Untuk memperkuat pemahaman mahasiswa, matakuliah ini juga memperkenalkan variasi program audio visual dan dinamika produksinya, dan melakukan proses mini produksi sebagai aplikasinya.

SOK467 Perencanaan & Penulisan Naskah Audio Visual 

Pembahasan secara teoritik disertai praktek mengenai kronologis produksi karya artistik dan jurnalistik (pra produksi, produksi dan pasca produksi), jenis jenis karya artistik dan jurnalistik, teknik pembuatan naskah artistik dan jurnalistik, penyusunan/penulisan berita dan feature untuk televisi, outline/synopsis, format/treatment, script/skenario serta story¬board.

SOK468 Produksi Foto Digital
Mataajaran ini berisikan pengertian dan teknis pengolahan foto digital. Mahasiswa akan diperkenalkan pada pengetahuan dan praktek penggunaan sofware pengolahan foto digital, editing (repro) foto digital, packaging (pengemasan) foto digital, hingga pada manajemen produksi foto digital pada berbagai media. 

 


 

Gudang File

@. Peraturan Pendidikan (pdf )
 
@. Prosedur Pendidikan  (pdf )
 
@. JADUWAL KALENDER AKADEMIK SEMESTER GENAP  2013-2014 (pdf)
 
@. WAJIB PEKET GENAP 2013-2014 (pdf)
 
@. KALENDER AKADEMIK 2013-2014 (JPG)
 
@. JADUAL KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SMT. GENAP 2013-2014 (pdf)
 
@. DAFTAR MATA AJARAN YANG DIJADUALKAN UNTUK SEMESTER GENAP 2013/2014 (pdf)
 
 

 

PENGABDIAN MASYARAKAT

27 April 2012
Prof. Dr. L. Dyson P., MA (Peserta Rapat)Pertemuan dengan Agenda membicarakan perkembangan prodiAntropologi S1/S2/S3, Sertfikasi profesi Antropologi, Simposiumdan Jurnal Antropologi Penyelenggara: Asosiasi Antropologi Indonesia
 
27 April 2012
Drs. Sudarso, M.Si (Pembicara) Workshop Pengembangan Pengajaran (GBPP & SAP) Penyelenggara: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo

27‐28 April 2012
Dra. Tri Susantari, M.Si (Narasumber) Bimibingan Teknis Pengembangan Wawasan Aparatur dan Pelatihan Penganggaran Responsif Gender Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur Penyelenggara: Dinas Pendapatan Prov. Jatim
 
 

KERJASAMA

Penyelenggaraan Pendidikan S2
Program Studi Pengembangan SDM
Kerjasama FISIP[Internal] dengan
Dir Jen. Pajak Departemen Keuangan RI.[Eksternal]
Penyelenggaran Studi Kemanfaatan Sosial dan Desain Revitalisasi
Pasar Setonobetek Kota Kediri
Kerjasama FISIP[Internal] dengan
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kediri[Eksternal]
Detail….