ja_mageia

Sosiologi
Memahami, mengeksplorasi, menganalisis, menerapkan, sekaligus mengkritisi dan mengembangkan berbagai teori sosial yang sudah ada, berseiring dengan perubahan yang terjadi dalam masyarakat kita
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Deskripsi Matakuliah Program Studi PDF Print E-mail
Wednesday, 01 April 2009 06:41
     Berikut ini disajikan deskripsi ringkas isi masing masing matakuliah yang telah ditetapkan sebagai paket lengkap kurikulum PSIP pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, sebagaimana tersebut dalam daftar di atas. Untuk memudahkan penelusuran kembali, penyajian deskripsi deskripsi itu disusun menurut urutan nomor, dengan nomor yang lebih kecil didahulukan sedangkan nomor yang lebih besar dikemudiankan.

AGI101 Pendidikan Agama Islam I
Matakuliah ini mengajak dan mengantarkan mahasiswa ke pemahaman tentang agama Islam secara utuh dan menyeluruh. Selain masalah keimanan, dibahas pula ikhwal ibadah, baik yang bersifat khusus maupun yang bersifat umum, yaitu kaidah yang menyangkut hubungan antara manusia dengan Tuhan/Khaliknya, antara manusia dengan sesamanya, dan antara menusia dengan makhluk lain dan alam. Selain hendak diarahkan ke terbinanya kesadaran untuk melaksanakan ibadah dan memenuhi kewajiban kewajiban kepada Tuhan Yang Maha Esa, pembahasan juga tertuju ke arah kewajiban kewajiban manusia kepada diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negaranya. Diharapkan mahasiswa kian dapat menunaikan tugas hidupnya dengan teratur dan tertib menurut tatanan yang berlaku. Berkaitan dengan materi di atas, ditekankan pula pembahasan sifat umum ajaran Islam tentang keserasian dan keseimbangan antara pola hidup duniawi dan ukhrawi.

AGP101 Pendidikan Agama Kristen Protestan I
Matakuliah ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa agar dapat bertumbuh dan membentuk diri pribadi seutuhnya sebagaimana manusia ciptaan baru dalam Yesus Kristus. Akan dikaji dan dibicarakan dalam matakuliah ini antara lain: dasar dasar agama Kristen, pengertian dunia dan manusia, dasar dan akibat, rencana keselamatan dan penggenapannya, iman dan pengabdian, serta tanggung jawab Kristen dalam dunia modern.

AGK101 Pendidikan Agama Kristen Katolik
Matakuliah ini mengupayakan peningkatan pemahaman mahasiswa akan konsep dalam gereja, penghayatannya tentang misteri gereja, penggumulannya pada tugas dan kewajiban gereja, serta kesadarannya akan tugas dan tanggungjawabnya sebagai anggota gereja. Dalam matakuliah ini tak hanya paham gereja tentang struktur kepribadian manusia saja yang akan diungkapkan, akan tetapi juga pahamnya tentang masyarakat adil makmur akan ikut dipaparkan dan dibahas. Pada akhirnya para mahasiswa  diajak menyusun filsafat hidup pribadi yang sesuai dengan paham penggereja dan masyarakat.

AGH101 Pendidikan Agama Hindu I
Matakuliah ini akan mengajak mahasiswa untuk memperdalam pemahaman dan penghayatan keagamaan yang mantap, serta mempertebal keimanan dan mengandalkan kebaktian kepada Sang Hyang Widhi/Tuhan YME. Lewat pengalaman belajar dalam matakuliah ini para mahasiswa diharapkan akan menguasai pengertian pengertian mengenai sumber dan ruang Agama Hindu dan tatwa yang berorientasi pada asa spritual namun pragma¬tis. Mahasiswa diharapkan akan juga mempelajari berbagai masalah kehidupan bermasyarakat dan negara, serta dasar dasar kepemimpinan menurut pandangan agama Hindu.

AGB101 Pendidikan Agama Budha I
Matakuliah ini diacarakan secara khusus untuk membimbing mahasiswa yang ingin memahami, menghayati dan mengamalkan Pancasila, khususnya sila Ketuhanan YME, lewat dharma dan kebaktian guna mempertebal iman (soddha) dalam upaya menjaga kelangsungan hidup agama, bangsa dan negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

AGC101 Agama Kong Hu Chu I
AGI301 Agama Islam II
AGP301 Agama Protestan II
AGK301 Agama Katolik II
AGK301 Agama Hindu II
AGB301 Agama Budha II
AGC301 Agama Khong Hu Chu II
 
Mata kuliah Agama II merupakan kelanjutan dari Agama I. Pada mata kuliah agama 2 ini mahasiswa diajak untuk (bagaimana) mengimplementasikan pengetahuan dan pemahaman agama yang diperoleh pada kuliah agama 1 melalui berbagai kegiatan, mulai dari diskusi, dialog, refleksi, testimoni pengalaman keagamaan, perenungan sampai pada kegiatan-kegiatan keagamaan praktis.

BAE101 Bahasa Inggris I
Matakuliah ini untuk sebagian besar akan berupa latihan latihan intensif guna meningkatkan kemampuan para mahasiswa berbahasa Inggris, sekalipun secara pasif, khususnya untuk keperluan baca membaca. Lewat matakuliah ini para mahasiswa akan banyak belajar memahami dan menganalisis struktur struktur kalimat di dalam bahasa Inggris. Latihan latihan secara khusus ditujukan untuk meningkatkan kecakapan mahasiswa memahami pesan pesan yang disampaikan kepadanya di dalam bahasa Inggris itu, baik lewat tulisan (bacaan) maupun secara lisan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang juga dikembangkan lewat matakuliah ini.

ETS102 Etika Sosial dan Politik
Matakuliah ini mempelajari tentang norma-norma sosial-politik, etika sosial-politik serta dilema kekuasaan.  Setelah mengikuti matakuliah ini secara aktif mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang etika sosial-politik dan dilema kekuasaan yang ada di Indonesia, serta mahasiswa diharapkan memiliki wawasan yang luas, mengenal dan memahami permasalahan sosial-politik dan mengetahui pentingnya etika politik dalam rangka mewujudkan proses demokrasi di Indonesia.

IAD101 Ilmu Alamiah Dasar
Melalui matakuliah ini diharapkan agar mahasiswa dapat berpikir kritis, kreatif, sistemik dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup serta mempunyai wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif. Isi mataajaran ini berkisar, antara lain, di seputar pengertian kejadian alam semesta, perkembangan biologis manusia, penalaran tentang lingkungan alam semesta (sebagai pangkal kelahiran ilmu pengetahuan alam dan penalaran induksi serta kelahiran teori sistem tata surya), sistem bumi, perkembangan kehidupan di muka bumi, dan akhirnya mengenai hal teknologi sebagai bagian dari upaya manusia mengolah alam guna kepentingan hidupnya.

PHS101 Filsafat Ilmu
Tegaknya bangunan ilmu pengetahuan selalu berdiri pada 3 landasan dasar: ontologi, epistemologi dan aksiologi.  Ketiga landasan tersebut  menjadi salah satu pokok kajian dalam kuliah ini, di samping pokok-pokok kajian lain, seperti hakekat pengetahuan dan ilmu pengetahuan, sumber-sumber pengetahuan, teori-teori kebenaran, syarat-syarat ilmiah suatu ilmu, hubungan ilmu sosial dengan ilmu alam, dan hubungan ilmu dengan sosialitasnya.  Kuliah ini merupakan ‘pintu gerbang’ rasionalitas untuk memasuki ‘belantara’ ilmu pengetahuan yang telah dibangun manusia (khususnya) sejak Yunani Kuno hingga zaman ini.  Dengan menuntaskan kuliah ini, mahasiswa diajak untuk melihat peta ilmu yang ada dan melihat posisi ilmu yang menjadi bidang akademisnya dalam peta tersebut, sehingga mereka nantinya mampu mengembangkan ilmunya tersebut secara professional dan kreatif. 

PSI400 Perilaku Organisasi
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa berbagai konsep dan teori organisasi dari aliran keperilakuan (behaviorism) untuk memupuk kemampuan dan memahami dan menganalisis fenomena perilaku organisasi, dengan berbagai implikasi praktiknya. Untuk itu mahasiswa akan diajak mempelajari antara lain berbagai teori keperilakuan yang mempengaruhi kinerja organisasi dalam rangka pencapaian tujuan seperti berbagai teori motivasi dan perilaku kelompok, komunikasi dalam organisasi, konflik, kekuasaan dan perilaku politik, serta pengelolaan sumberdaya manusia.

NOP101 Pancasila dan Kewarganegaraan
Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa memiliki kemampuan pemahaman, konsep dan deskripsi situasi hal yang berkaitan dengan penguatan warga negara dalam implemantasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, penyikapan terhadap situasi aktual tentang ideologi, negara dan warga negara secara sekuensial dengan bahasan meliputi filsafat Pancasila, identitas nasional, hak dan kewajiban warga negara, negara dan konstitusi, demokrasi Indonesia, HAM dan the rule of law, geopolitik dan geostrategi Indonesia. Kerangka pembahasan dikaitkan dengan fenomena globalisasi, HAM dan demokrasi (politik dan ekonomi) serta dinamika keindonesiaan aktual. Dengan pemahaman serta refleksi terhadap realitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara diharapkan menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air; demokratis yang berkeadaban; menjadi warga negara yang memiliki daya saing, berdisiplin, dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila.

MNU103 Asas Asas Manajemen
Manajemen pada dasarnya adalah proses perencanaan, pengorganisasian (termasuk penataan personil), pengarahan, dan pengendalian usaha manusia yang tengah mendayagunakan sarana dan prasarana, demikian rupa sehingga tujuan terorganisasi itu dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Mataajaran ini dimaksudkan untuk mengajak mahasiswa mengkaji dari berbagai sudut pandang pengetahuan dan pengertian dasar mengenai kegiatan kegiatan manajemen itu, mulai dari fungsinya yang pra pelaksana (perencanaan) sampai ke fungsinya yang pasca pelaksanaan (kontrol).

MNM307 Manajemen SDM Sektor Publik
Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang bersifat umum kemudian berfokus pada masalah-masalah utilisasi SDM (aparatur) dalam organisasi sektor publik (pemerintah). Arah pembahasan ditujukan pada sejumlah prinsip dasar MSDM yang bertumpu pada kaidah-kaidah normatif dalam administrasi publik. Sebagai subyek yang berkaitan dengan human side dalam organisasi, mata kuliah ini juga membahas beberapa teori pokok dalam adminsitrasi dan perilaku administratif serta dimensi legal dalam utilisasi aparat khususnya yang berlaku di Indonesia. Pembahasan dilanjutkan dengan model reformasi birokrasi yang bertumpu pada pengembangan SDM (aparat) dan diakhiri dengan bahasan tentang administrasi kepegawaian (personnel administration) dalam paradigma baru  yang disebut sebagai public sector human resource management dengan mengacu pada beberapa model MSDM (misalnya Harvard Model, Michigan Model, dan lainnya). Fokus dan locus matakuliah ini adalah proses pendaftaran dan penerimaan, proses penempatan, serta proses pensiun bagi pegawai negeri sipil. Matakuliah ini juga menganalisa teknik metoda dan cara dalam analisa jabatan pegawai negeri sipil, the right man on the right place at the right time, pangkat golongan, eselonisasi, struktural fungional, sistem penggajian, merit-spoil system, disiplin pegawai negeri sipil serta kebijaksanaan peraturan perundangan yang berkaitan dengan pegawai negeri sipil dari periode-periode waktu. Diharapkan mahasiswa yang mengikuti matakuliah ini akan dapat menjelaskan berbagai permasalahan dan peraturan kebijaksanaan tentang pegawai negeri sipil. 

SOP111 Pengantar Ilmu Politik
Setelah selesai mengikuti proses belajar mengajar dalam matakuliah ini, para mahasiswa diharapkan akan mampu memahami konsep konsep dasar ilmu politik, sebagai alat pokok mengenali, memahami, dan menjelaskan fenomena politik. Untuk mencapai tujuan ini para mahasiswa akan diajak mempelajari konsep konsep: politik, pemerintahan, kekuasaan, kewenangan, legitimasi, negara, bangsa, integrasi politik, ideologi, partai politik, perwakilan kepentingan dan politik, keputusan politik, konflik politik, perilaku politik, sistem politik (demokrasi, totaliter, autokrasi), dan sistem ekonomi (kapitalisme, komunisme, dan sosialisme) serta struktur dan peranan politik.

SOP211 Dasar Dasar Ilmu Pemerintahan
Matakuliah ini disajikan dengan tujuan untuk membantu mahasiswa ke arah kemampuan memahami konsep konsep dasar ilmu pemerintahan, berikut  problematik pokoknya. Materi yang akan dibahas, antara lain, ikhwal ilmu pemerintahan itu sendiri (sasarannya, bidang bidangnya, hubungan dengan cabang ilmu yang lain, dan seterusnya), subjek subjek pemerintahan (yang memerintah dan yang diperintahnya), asas dan tujuan pemerintahan, dan tipe tipe serta bentuk bentuk pemerintahan.

SOP212 Sistem Politik Indonesia
Selesai mengikuti matakuliah ini secara aktif, mahasiswa akan mampu memahami kehidupan politik Indonesia, baik dari segi kesejarahannya maupun berdasarkan berbagai pendekatan/model model teoretik yang berkembang. Pendekatan pendekatan yang diperbincangkan dan dipakai meliputi: pendekatan institusional, pendekatan struktural fungsional, pendekatan struktural konflik, ekonomi politik, pendekatan kekuasaan (patrionial, birokratik otoriter, politik birokratik, dan korporatisme), dan tentu saja pendekatan sistem. Sistem politik Indonesia yang dicakup dalam pembahasan ini meliputi pasang surut dan perubahan perubahan sistem politik sejak Indonesia merdeka hingga kondisi terkini. Secara demikian, mahasiswa mampu mengapresiasi, mengenali permasalahan, dan memiliki kekayaan kerangka teoretik untuk memahami dan menjelaskan gejala yang terjadi.

SOP216 Politik dan Pemerintahan Lokal
Seusai mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki bekal konsep-konsep, dasar-dasar teori, model, perspektif, dan pendekatan sehungga mampu memahami dan menganalisis ihwal dinamika politik dan pemerintahan lokal di Indonesia, serta memetik pelajaran dari berbagai pengalaman. Melalui berbagai pendekatan – kelembagaan, kekuasaan, sejarah, dan perspektif fungsional fokus kajian diletakkan pada dinamika politik desentralisasi, demokratisasi lokal, dan pembangunan di tingkat lokal. Dengan pendekatan kelembagaan, mahasiswa akan mempelajari konsep konsep sentralisasi, desentralisasi, dekonsentrasi, dan medebewind berikut praktik penerapannya di Indonesia. Dengan pendekatan kekuasaan, dipertanyakan: siapakah yang sesungguhnya (de facto) membuat keputusan politik di daerah. Dengan pendekatan fungsional, dibahas hubungan kemanfaatan, termasuk hubungan pusat dan daerah. Pendekatan sejarah akan memusatkan kajian kajian pada ihwal konteks, institusi, dan dinamika praksis interaksi antaraktornya  sejak merdeka hingga sekarang.

SOP231 Teori Perbandingan Politik
Usai mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu membandingkan hubungan antara dua atau lebih konsep (variabel) politik yang teraplikasi dalam kasus satu atau beberapa negara. Untuk tujuan ini mahasiswa diajak mempelajari berbagai metoda perbandingan politik. Selanjutnya, diajarkan berbagai teori dan pendekatan perbandingan politik, serta contoh contoh aplikasinya. Pendekatan perbandingan yang dibahas meliputi: pendekatan kelembagaan, struktural fungsional, budaya politik, hingga pendekatan sistemik dan tipologis.

SOP241 Pemikiran Politik Barat
Setelah mengikuti matajaran ini mahasiswa diharapkan mampu memahami pemikiran pemikiran politik yang muncul dan terus berkembang dalam masyarakat Barat. Pemikiran politik yang dimaksud meliputi, antara lain, persoalan negara, konstitusi, kebebasan, keadilan, demokrasi, kesejahteraan, ideologi, dan hukum. Dalam hal ini mahasiswa diperkenalkan dengan pemikiran pemikiran klasik maupun modern, seperti Socrates, Plato, Aristoteles, Thomas Aquino, Hobbes, Montesquieu, Machiavelli, Rosseau, Karl Marx (termasuk Neo Marxian), serta segenap aliran aliran pemikiran yang tumbuh dari latar belakang pemikiran mereka.

SOP242 Pemikiran Politik Indonesia
Mahasiswa diharapkan mampu memahami  pemikiran politik yang pernah dan tengah berkembang di  Indonesia. Untuk itu akan diperbincangkan: (a) latar belakang timbulnya aliran aliran pemikiran yang mempengaruhi baik secara internal maupun eksternal, pemikiran politik Indonesia, seperti nasionalisme, Islam, tradisionalisme Jawa, sosialisme demokratik, komunisme, dan sebagainya. Dalam kaitan ini diperbincangkan pula gagasan gagasan yang mendasari atau berada di balik isu isu politik aktual, seperti negara integralistik, demokrasi Pancasila, HAM, serta ketahanan nasional; (b) fungsi pemikiran politik dalam proses dan dinamika politik di Indonesia. Dengan mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan luas, mengenal dan memahami peta permasalahan politik Indonesia, dan mengetahui urgensi pengembangan pemikiran dalam rangka mewujudkan cita cita kemerdekaan, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.

SOP243 Negara, Agama, dan Demokrasi
Matakuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang relasi antara negara, agama dan demokrasi. Gelombang proses demokrasi yang mendunia saat ini berjalan seiring dengan ekspresi kebangkitan agama-agama dan peran mereka dalam ruang publik maupun politik. Sehingga terkait dengan konteks ini, matakuliah ini akan mendiskusikan bagaimana peran-peran agama dalam ruang publik seiring dengan proses demokrasi global, bagaimana proses dialog dan interaksi antara agama dan demokrasi. Pada bagian ini akan didiskusikan apakah relasi antara negara, agama dan demokrasi berlangsung secara konstruktif, dialogis dan inklusif atau justru saling menegasikan, kontradiktif dan eksklusif. Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan mengetahui dan memahami bagaimana fenomena gerakan-gerakan sosial dan politik berbasis agama maupun interaksi politik agama berlangsung dalam konteks proses demokratisasi. Dalam matakuliah ini akan didiskusikan fenomena fundamentalisasi maupun liberalisasi agama, fenomena agama publik, dan ragam interaksi antara agama dan demokrasi.  

SOP244 Ide-Ide Politik Alternatif Globalisasi di Negara Berkembang
Matakuliah ini mengajak mahasiswa mengenal dan memahami bagaimana respons dan kritik yang memunculkan ide ide, konsep atau pemikiran politik NSB, seperti Amerika Latin, Asia, dan Afrika terhadap proses globalisasi. Di dalam perbincangan itu tercakup diskursus tentang kemajuan dan keterbelakangan, pembangunan, ketergantungan, analisis terhadap rezime pengetahuan neoliberal ditingkat global maupun lokal, serta konfigurasi tata dunia baru, relativisme nilai (Barat Timur, konfusianisme, dll), demokrasi, keadilan, dan lain lain. Secara kritis mahasiswa diajak mendiskusikan tentang diskursus-diskursus alternatif terhadap gagasan dominan dalam konteks globalisasi dan bagaimana kehadiran diskursus alternatif tersebut mempengaruhi proses demokrasi, struktur ekonomi-politik dan desain pembangunan dinegara berkembang.

SOP311 Kajian Birokrasi dan Politik
Mataajaran ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan konseptual, teoretis dan keterampilan analitis. Fokus kajian diletakkan pada dinamika interaksi antara pilihan-pilihan politik kebijakan dan kompetensi teknis dalam merealisasi dan memenuhi kepentingan publik. Materi perkulihan mencakup: konseptualisasi birokrasi, perspektif teoretik yang berkembang dalam kajian birokrasi, perdebatan dikhotomis antara politik dan birokrasi, konteks historis pertumbuhan dan perkembangan birokrasi di Indonesia, implikasi timbal balik antara perkembangan birokrasi dan politik, birokrasi dan demokrasi, birokrasi dan perkembangan ekonomi pasar dan globalisasi, birokrasi dan otonomi daerah, reformasi birokrasi, perkembangan paradigma baru (new governance dan new public management), serta sedikit perbandingan hubungan antara birokrasi dan politik di berbagai kawasan (Asia, Amerika Latin, Eropa dan Amerika Serikat).

SOP312 Kajian Kepresidenan
Kajian ini akan mengantarkan mahasiswa pada kemampuan untuk memahami permasalahan dan membuat analisis tentang kepresidenan dan presidensialisme, baik sebagai institusi politik kenegaraan dalam konteks sistem politik demokratis, perilaku kepemimpinan dan kinerja pemerintahan, interaksi dengan sistem kepartaian dan kekuatan-kekuatan politik, sistem pemilu, pola-pola koalisi politik, interaksi dengan parlemen atau lembaga legislatif, serta kaitannya konsolidasi dan efektivitas sistem politik dan pemerintahan.

SOP321 Perilaku Politik
Matakuliah ini bermaksud mengajak mahasiswa untuk memahami, menelaah, dan menganalisis masalah masalah perilaku politik sebagai salah satu dimensi politik, termasuk perilaku memilih. Selanjutnya mengkaji upaya-upaya memengaruhi perilaku politik oleh berbagai aktor dalam kontestasi politik. Bidang permasalahan yang dikaji meliputi: ihwal pendapat umum, pemilihan umum, perilaku koalisi, kekerasan politik, perilaku organisasi, perilaku individu sebagai aktor politik, dan ideologi politik. Matakuliah ini hendak mendayagunakan metode eksperimental, analisis psikologi, teori permainan  (game theory) dan teori pemgambilan keputusan.

SOP322 Elite Politik
Setelah mengikuti matakuliah ini secara aktif, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis struktur dan permasalahan elite politik di masyarakat yang tengah berkembang (khususnya Indonesia) maupun di masyarakat maju. Untuk maksud itu, mahasiswa diajak mempelajari asumsi asumsi yang mendasari pendekatan elite, kemudian membahas berbagai ragam persoalan –antara lain, distribusi kekuasaan, latar belakang sosio ekonomi para elite politik, tipe tipe dan pola rekrutmen elite, pola pola hubungan elite dengan massa, dan akhirnya juga perubahan struktur elite politik dalam masyarakat.

SOP323 Agensi, Kuasa, dan Politik di Indonesia
Matakuliah ini mengajak mahasiswa belajar mengevaluasi bagaimana agensi-agensi politik di Indonesia berinteraksi dengan struktur politik dan kekuasaan. Dalam matakuliah ini akan dianalisis bagaimana struktur politik tidak hanya menjadi hambatan bagi transformasi politik di Indonesia yang digerakkan oleh kerja keagenan, namun disisi lain struktur sosial politik juga memberdayakan agensi politik untuk mengubah dan membangun kondisi politik dan demokrasi yang lebih baik. Yang hendak dikaji adalah bagaiamana agensi-agensi politik dalam kekuatan kekuatan politik yang hidup sejak zaman demokrasi liberal, Orde Baru, sampai pada era reformasi  melakukan inisiatif di dalam kekuatan politik seperti partai partai politik, golongan militer, kaum birokrat, para teknokrat, kelompok pengusaha, cendekiawan, golongan Islam, pers,  buruh, mahasiswa, dan sebagainya, membangun inisiatif dalam berinteraksi dan ikut mengubah struktur politik di Indonesia. Mahasiswa diajak mendalami berbagai ulasan teoretik mengenai peran agensi politik dalam transformasi struktur politik di Indonesia,  distribusi dan kekuasaan di Indonesia dan ragam ragam kekuatan politik yang ada. Amat diharapkan mahasiswa akhirnya mampu melihat kaitan antara tindakan agensi, distribusi dan relasi kuasa, serta transformasi struktur sosial politik di Indonesia.

SOP324 Representasi Politik dan Perilaku Legislatif
Matakuliah ini mengajak mahasiswa untuk mendalami persoalan persoalan yang berkaitan dengan pelembagaan perwakilan dalam sistem politik demokrasi modern. Mahasiswa akan dibekali dengan konsep, dasar-dasar teoretik, model, perspektif serta pendekatan yang diperlukan agar mampu memahami, memikirkan dan menganalisis secara sistematis, kritis, kreatif, dan berhati-hati tentang berbagai kecenderungan, isu, tema dan persoalan-persoalan mendasar di seputar pengorganisasian dan kinerja perwakilan politik, baik tingkat nasional maupun di daerah-daerah. Garis besar isi perkuliahan mencakup: filosofi dan gagasan, sejarah, konteks, institusi dan institusionalisasi (prinsip dan pasang-surut pengaturan), sistem seleksi dan problem akuntabilitas kinerja para aktor, dan dinamika praksis yang khususnya terkait dengan bagaimana berbagai kebijakan diproduksi dalam lembaga perwakilan politik.

SOP325 Gerakan Sosial dan Politik Identitas
Setelah mengikuti proses belajar mengajar matakuliah ini secara aktif, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan berbagai teori gerakan sosio politik untuk menjelaskan berbagai macam gerakan sosio politik dalam masyarakat. Untuk itu mahasiswa diajak mempelajari berbagai bentuk gerakan sosio politik, seperti cult, ratu adil, protes dan pemberontakan, gerakan nonkekerasan (ahimsa), kudeta, separatisme, terorisme, dan revolusi. Teori teori yang dipelajari, antara lain, teori teori tentang available mass, eksploitasi, moral ekonomi petani, milleniarisme, relative deprivation, kesadaran kelas, cost benefit analysis, nasioanalisme, true believer, kekuasaan asimetris, dan ideologi sampai fenomena terbaru tentang kemunculan politik identitas.

SOP331 Demokrasi dan Demokratisasi
Matakuliah ini menawarkan perspektif, pendekatan dan teori tentang  demokrasi sebagai sebuah ide politik beserta perdebatan-perdebatan kontemporernya dan demokratisasi sebagai sebuah proses institusionalisasi praksis pengembangannya dalam sistem politik. Sebagai ide, demokrasi dipahami secara ideal dan normatif. Namun untuk memahaminya secara kritis, perlu diungkapkan bagaimana perdebatan-perdebatan seputar ide demokrasi berkembang dan menimbulkan kontroversi ketika demokrasi menjadi sebuah langkah praksis politik. Terlebih ketika demokrasi diterangi sebagai sebuah kisah sukses negara-negara maju secara politik dan ekonomi, maka demokrasi mendatangkan perdebatan baru yaitu bagaimana kontekstualitas sistem politik non barat mampu mengadaptasikan dengan ide-ide demokrasi dan demokratisasi.  Perspektif yang ditawarkan adalah ide-ide demokrasi, pengembangan dan pelembagaan demokrasi, agen-agen yang mengusung demokratisasi, konsolidasi dan demokratisasi, kaitan demokrasi dan outcome pertumbuhan ekonomi, tantangan-tantangan habituasi demokrasi dan demokratisasi di negara berkembang, terkhusus kasus Indonesia pasca orde baru.

SOP332 Politik, HAM, dan Demokrasi
Matakuliah ini membahas tentang perkembangan gagasan mengenai HAM dan dinamika implementasinya dalam berbagai konteks sosio, kultural, dan politik. Mahasiswa diajak mendiskusikan dokumen-dokumen HAM internasional, upaya memasukkan norma HAM dalam sistem hukum nasional di Indonesia, serta berbagai kasus dan dinamika penerapan dan/atau penegakan HAM, khususnya dalam hubungannya dengan penyelenggaraan pembangunan dan kehidupan berdemokrasi. Secara demikian, diharapkan pada akhir perkuliahan mahasiswa telah memiliki pemahaman yang baik tentang HAM, memahami permasalahan dan dilemanya, mengenali kekuatan dan dinamika politik yang terkait, dan mampu meletakkannya dalam konteks pengembangan demokrasi di Indonesia.

SOP341 Teori Teori Politik Kontemporer
Setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam matakuliah ini mahasiswa diharapkan, mampu menggunakan dengan benar teori teori politik untuk menjelaskan gejala gejala dan masalah masalah politik yang timbul dalam masyarakat. Untuk maksud itu, mahasiswa diajak terlebih dahulu mempelajari teori teori politik yang bermacam macam, seperti teori struktural konflik, baik yang Marxis maupun Non Marxis, teori ketergantungan, teori kekuasaan, teori permainan (game theory), teori teori birokratik, teori demokrasi, dankajian Gender. Relevan dengan topik topik pembicaraan ini, mahasiswa tentu saja diajak mempelajari kembali ihwal pembentukan teori, perkembangan dan fungsi teori dalam ilmu sosial, khususnya ilmu politik.

SOP351 Ekonomi Politik
Melalui matakuliah ini mahasiswa akan dibekali pengetahuan perihal ketakterpisahan antara bidang politik dan bidang ekonomi dalam arti luas. Beragam perspektif yang mengait langsung antara bidang politik dan bidang ekonomi didalami bersama dalam proses belajar-mengajar. Di penghujung akhir, mahasiswa diharapkan mampu menggunakan berbagai alternatif perspektif ekonomi politik, seperti perspektif neo klasik/neo liberal, neo merkantilis, growth with equity dan/atau radikal, basic human needs, serta tata ekonomi dunia baru, untuk menjelaskan berbagai permasalahan kemanusiaan. Keseluruhan perspektif itu akan diurai dalam konteks dinamik perubahan-perubahan sosial besar yang  bersifat global.

SOP352 Politik Keuangan dan Anggaran
Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa mampu memahami berbagai permasalahan politik keuangan dan anggaran publik (baik pada level negara maupun secara khsusu di daerah otonom) serta kemampuan untuk menganalisisnya. Berbagai perlatan analisisnya dari perspektif: legal institusional, elitis, pluarlism sampai dengan pilihan rasional. Politik keuangan dan anggaran merujuk pada hubungan antara proses alokasi dan distribusi keuangan dan anggaran dengan berbagai kekuatan-kekuatan politik yang ada dalam masyarakat negara/daerah. Pengetahuan dan pemahaman mengenai beragam konsep keuangan sektor publik khususnya anggaran berbasis kinerja, tujuan penggunaan keuangan sektor publik, prinsip-prinsip dasar keuangan sektor publik, azas-azas keuangan sektor publik, transparansi dan akuntabilitas keuangan sektor publik sebagai prasyarat untuk menguatkan analisisnya.


SOP361 Politik di Desa
Matakuliah ini membantu mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuan menerapkan teori teori sosial dan teori teori ilmu politik untuk menganalisis permasalahan politik dan pemerintahan di desa desa. Para mahasiswa diajak melihat kehidupan politik di desa dari berbagai sudut pendekatan: kelembagaan, hubungan otoritas tradisional, hubungan patron klien, analisis kekuasaan dan aliran (santri abangan), serta penetrasi kapital, maupun  analisis kelas. Masalah utama yang dikaji meliputi: faktor faktor yang mempengaruhi proses politik di desa, dan apakah penjelasan masing masing pendekatan mengenai hal itu.

SOP362 Politik di Kota
Lewat matakuliah ini mahasiswa diajak mempelajari kehidupan politik di perkotaan dengan mendayagunakan berbagai pendekatan dalam ilmu politik, seperti pendekatan kelembagaan, mesin politik, hubungan patron klien, analisis kekuasaan dalam unsur konversi, konflik etnik ras dan konflik sosio ekonomi. Matakuliah ini secara umum mengajak mahasiswa bersikap kritis tentang faktor faktor apakah yang mempengaruhi proses politik di kota, dan siapakah atau lapisan sosial manakah yang menerima paling banyak "keuntungan" dan siapa pula yang tak menerima apa apa (malahan yang paling banyak menanggung beban) dari proses proses politik yang terjadi di kota.

SOP411 Masalah Pemilu
Matakuliah ini bermaksud mengajak mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dalam hal menganalisis berbagai sistem pemilihan umum, dan masalah masalah yang terkait dengannya, khususnya perekayasaan sistem pemilu (electoral engineering) sebagai pendekatan baru pembangunan politik demi menghasilkan akuntabilitas dan keterwakilan politik efektif, sistem kompetisi yang transparan, sistem kepartaian yang mampu menciptakan pemerintahan yang demokratis, efektif, akuntabel, dan stabil. Untuk maksud itu, mahasiswa diajak mempelajari: (i) berbagai aspek pengadopsian besaran daerah pemilihan, model pencalonan, model penyuaraan, dan formula pemilihan untuk membangun tatanan politik demokrasi, (ii) penyelenggaraan pemilu sesuai parameter demokrasi, dan (iii) hubungan antara sistem pemilu dengan sistem kepartaian, dan hubungan antara keduanya dengan sistem kabinet, serta stabilitas pemerintahan. Dalam hubungan ini mahasiswa juga diajak mempelajari hubungan sistem pemilihan umum dengan struktur masyarakat dan hubungan antara sistem pemilihan umum ini dengan paham demokrasi.

SOP412 Proses Politik dan Teknik Perundang-undangan
Dengan mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan memiliki bekal pengetahuan tentang proses-proses politik yang melahirkan peraturan perundang-undangan dalam konteks serta dalam rangka memperkuat sistem politik demokrasi. Selain itu, mahasiswa juga dibekali keterampilan dalam legal drafting (penyusunan rancangan undang-undang). Isu-isu yang diperbincangkan meliputi: problem kelembagaan dalam proses legislasi, tarik-menarik kepentingan dalam pembentukan undang-undang (kepentingan politik, ekonomi, sosial dan lainnya, perilaku koalisi, bargaining, konflik dan konsensus), peraturan perundang-undangan dan perubahan sosial politik, rule of law, norma, hirarkhi, dan fungsi perundang-undangan, asas-asas pembentukan peraturan yang baik, naskah akademik, serta bahasa dan teknik perundang-undangan.

SOP421 Pengelolaan dan Pemasaran Politik
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memasilitasi minat mahasiswa untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan serta dasar-dasar keterampilan dalam manajemen politik, khususnya dalam kaitan dengan kontestasi politik dalam sistem politik demokratis, baik untuk partai politik maupun kandidat. Hal-hal yang diperbincangkan meliputi persoalan partai politik dan demokrasi, pluralisasi dan kontestasi, manajemen politik dan komunikasi politik, pemasaran politik, iklan dan kampanye politik modern, penggunaan media, jasa konsultasi politik, mengelola proses-proses lobi, advokasi, dan persuasi politik, serta analisis terhadap berbagai studi kasus.

SOP432 Politik Gender dan Demokrasi
Matakuliah ini mempelajari tentang perkembangan konsep dasar gender dan politik, masalah kesetaraan gender dalam bidang politik beserta resolusi terhadap ketimpangan gender.  Setelah mengikuti matakuliah ini secara aktif mahasiswa akan mampu menganalisis fenomena gender dan politik, kerangka analisis gender dan politik meliputi pembahasan konseptual dan teoritik tentang mengapa pria lebih diunggulkan didalam mekanisme politik dibanding perempuan.  Relevansi konseptualisasi pembagian ranah privat dan ranah publik dalam konteks Indonesia, mahasiswa mampu memberikan formula macam apakah yang dapat mencapai “kesetaraan antara perempuan dan pria” dalam politik Indonesia.

SOP441 Politik Multikulturalisme
Matakuliah ini dirancang untuk mengajak mahasiswa agar lebih meningkatkan kepekaan dan tanggung jawabnya terhadap persoalan keberanekaragaman kultural, khususnya ditilik dari perspektif politik. Untuk itu, mahasiswa akan dibekali dengan teori dan kerangka analisis yang memadai, kajian-kajian terhadap berbagai kasus ketidakadilan, diskriminasi, peminggiran, eksklusi yang terjadi di berbagai masyarakat. Selanjutnya, mahasiswa akan diajak untuk mengkajinya secara lebih spesifik melalui perspektif politik, khususnya bagaimana kekuatan-kekuatan politik, aktor dan organisasi politik, institusi-institusi politik dan kenegaraan saling berinteraksi dan berperan memajukan dan/atau menghambat multikulturalisme: apakah keberanekaragaman kultural benar-benar terfasilitasi untuk mengekspresikan, apakah ada perlakuan yang adil, apakah ada pengakuan dan representasi politik bagi kelompok yang lemah dan mimoritas, apakah terjadi interaksi konstruktif dan produktif antarberbagai elemen, dan seterusnya.

SOP471 Analisis Kuantitatif Ilmu Politik
Matakuliah ini memuat berbagai teknik dan metode analisis ilmu politik kuantitatif. Dalam matakuliah ini, mahasiswa diajarkan berbagai rumus statistik untuk menganalisis persoalan-persoalan politik.  Setelah mengikuti matakuliah ini secara aktif diharapkan mahasiswa dapat menjawab permasalah politik secara sistematis dengan teknik dan metode analisis yang bersifat kuantitatif.

SOP472 Analisis Kualitatif Ilmu Politik
Melalui acara acara belajar dalam matakuliah ini, akhirnya mahasiswa akan mampu menyelesaikan sebuah rencana penelitian yang baik, khususnya untuk studi kualitatif dalam ilmu politik. Mahasiswa juga akan mampu mengikuti perdebatan dan perkembangan metodologi dalam riset politik mutakhir. Untuk itu, mahasiswa diajak mempelajari kembali setiap langkah di dalam proses penelitian, khususnya yang lazim dilakukan untuk mengkaji permasalahan politik. Mahasiswa harus aktif mendalami ikhwal konseptualisasi dan teoretisasi, memahami kompleksitas permasalahan, berbagai bentuk hubungan antar-konsep dan variabel, penetapan sumber informasi/data, bagaimana menggali dan menghimpun, mengolah dan menginterpretasikan serta menarik kesimpulan-kesimpulan. Pendalam dikerjakan dengan cara mengetengahkan argumen setiap pemilihan langkah dalam proses perancangan. Sebagai tambahan, mahasiswa diminta mempelajari kembali dan menerapkan format format penulisan laporan penelitian yang biasanya digunakan dalam lingkungan ilmu sosial.

SJI120 Sejarah Politik dan Pemerintahan Indonesia
Mahasiswa yang mengikuti proses belajar mengajar dalam matakuliah ini diharapkan, mampu memahami konsep konsep politik dan proses politik yang terjadi pada masa lalu, dan berdasarkan pemahaman masa lalu mampu menjelaskan gejala gejala sosio politik dewasa ini dari sudut pendekatan historis. Dengan maksud itu, mahasiswa diajak mempelajari berbagai konsep tentang politik dan proses politik yang dianut dan berlangsung di kerajaan kerajaan lama di Jawa (Singhasari, Mataram Islam) dan di luar Jawa (Sriwijaya, Melayu, Bugis Makasar), pada periode kolonialisme Belanda, pada periode pergerakan nasional, pada periode pendudukan Jepang, dan pada masa kemerdekaan yang meliputi masa Demokrasi Liberal, masa Demokrasi Terpimpin. Sekalipun berupa kajian sejarah, para mahasiswa tetap diajak mempelajari objeknya secara analitis, dan tidak berhenti pada cara kronologis saja.

PNS104 Teknik Penulisan Ilmiah
Menulis, baik ilmiah maupun populer, seringkali menjadi kendala, dan kelemahan, utama bagi para mahasiswa dalam mengekspresikan berbagai ide dan atau konsep/teori. Matakuliah ini dipersiapkan untuk memberi pemahaman teoritik tentang beberapa model teknik penulisan, utamanya ilmiah. Selain itu, sejumlah latihan menulis secara akademik diberikan porsi secara memadai, sehingga para mahasiswa, setelah mengikuti matakuliah ini, mampu mengekspresikan ide, konsep dan teori dalam bentuk tulisan secara benar dan baik.

PNS201 Dasar Metodologi Penelitian 
Melalui matakuliah ini para mahasiswa diharapkan dapat memperoleh bekal pengetahuan dasar tentang metodologi dalam bidang penelitian sosial. Di sini para mahasiswa mempelajari paradigma yang mendasari metode penelitian, konsep-konsep dasar penelitian dan tipe-tipe penelitian yang dikembangkan menurut tujuan dan kegunaannya serta tahapan penelitian. Dalam mata kuliah ini mahasiswa memperoleh pengetahuan dan kemampuan dasar untuk melakukan penelitian menggunakan prosedur ilmiah, baik prosedur penelitian secara kuantitatif maupun kualitatif. Matakuliah ini juga mengajak mahasiswa untuk mempelajari secara lebih mendalam tahapan penelitian yang meliputi persiapan penelitian, teknik penyusunan instrumen penelitian, teknik pengumpulan, pengolahan dan analisis data.

PNS497 Penulisan Proposal Skripsi Ilmu Politik
Matakuliah ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa dalam mempersiapkan penulisan skripsi ilmu politik yang baik. Mahasiswa bukan saja diajak dan dirangsang untuk mengeksplorasi gagasan dan permasalahan yang diminati dengan banyak berdiskusi, baik dengan dosen maupun dengan sesama mahasiswa yang tengah menyiapkan skripsi tetapi juga akan dibimbing, diarahkan, dan didorong untuk mengorganisasi dan mensistematisasi gagasannya, menuangkannya dalam tulisan yang tertib dan rapi, memenuhi kaidah-kaidah penulisan ilmiah, serta menyusun langkah-langkah yang diperlukan dalam pengumpulan bahan dan menyajikannya dalam karya ilmiah yang baik. Dengan mengikuti matakuliah seminar ini secara aktif, para mahasiswa diharapkan akan terlatih dan memperoleh bekal memadai untuk perumusan masalah penelitian, mendayagunakan teori, menuliskan dan mempresentasikan secara sistematis, menghimpun dan mengorganisasi masukan masukan, sehingga dapat menghasilkan proposal skripsi yang baik.  

PNS499 Penulisan Skripsi Ilmu Politik
Matakuliah ini bermaksud membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk secara mandiri memantapkan seluruh pengetahuan yang telah diperolehnya dalam bidang ilmu politik melalui penelitian (kepustakaan atau lapangan) dan menuliskannya dalam bentuk skripsi. Mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar dalam wujud kegiatan menyusun suatu karya ilmiah dalam salah satu topik ilmu politik yang telah dipilihnya, dengan mengkonsultasikan secara berkala kepada seorang dosen pembimbing. Acara kegiatan penelitian dan penulisan ini akan diakhiri dengan pemberian kesempatan kepada mahasiswa yang bersangkutan untuk mengemukakan karyanya itu secara lisan di hadapan sidang, dan mendiskusikannya.

SOA100 Pengantar Antropologi
Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai ruang lingkup dan konsep-konsep dasar dalam antropologi. Pokok-pokok bahasan diawali tentang sejarah perkembangan dan sub-sub disiplin antropologi, kemudian dilanjutkan dengan bahasan tentang tinjauan aspek fisik manusia yang membicarakan tentang asal-usul dan sejarah perkembangan manusia serta variasi fisik manusia. Selanjutnya dibahas aspek-aspek sosial budaya manusia dengan penekanan pada konsep dan karakteristik kebudayaan, aspek organisasi sosial, kekerabatan dan perkawinan, religi, bahasa, dan kesenian, serta bidang sosial budaya lain dan relevansi antropologi  dengan kehidupan masa kini.

SOA211 Etnografi Indonesia
Mataajaran ini membahas keragaman dan keseragaman suku-suku bangsa di Indonesia berdasarkan unsur-unsur budaya, nilai-nilai budaya, serta tipe-tipe sosial-budaya berkaitan dengan lingkungan hidupnya. Keragaman dan keseragaman suku-suku bangsa di Indonesia itu akan dipelajari berdasarkan kategori tertentu, antara lain: adat, Jawa-luar Jawa, tipe-tipe sosial-budaya dan ekologis, maupun masyarakat terasing/tidak terasing. Berdasarkan kategori tersebut, dalam mempelajari mataajaran ini dapat dimulai dari pulau Sumatera (Batak, Minangkabau, Nias, Mentawai, Sakai), Kalimantan (Dayak), Sulawesi (Bugis, Makassar, Minahasa, Kepulauan Maluku), Irian Jaya (Biak, Dani, Asmat), NTT –NTB (Timor, Sumba, Flores,  Sumbawa), Bali (Bali), hingga Jawa-Madura (Madura, Jawa, Sunda, Baduy, Betawi). Melalui mataajaran ini mahasiswa diharapkan dapat mendiskusikan serta mampu membuat peta etnografi suku-suku bangsa di Indonesia tersebut.

SOA320 Antropologi Pembangunan
Mata kuliah ini berusaha menarik minat mahasiswa untuk memperhatikan hubungan antara pengetahuan-pengetahuan teoritik antropologi dengan masalah-masalah sosial-budaya yang muncul dalam proses pembangunan. Permasalahan yang dibahas dan hendak dicarikan pemecahannya meliputi bidang kesehatan, kependudukan, pendidikan, pedesaan, perkotaan, ekonomi, dsb. Masalah-masalah tersebut akan coba dianalisis dengan memperhatikan konteksnya, yakni perubahan-perubahan yang terjadi akibat pembangunan.

SOA333 Antropologi Politik
Antropologi Politik adalah suatu cabang studi tentang politik sebagaimana ditinjau dari sudut pandang Antropologi, khususnya Antropologi Budaya.  Di sini akan dibahas dan dipelajari kejadian-kejadian dan gejala-gejala politik, kekuatan-kekuatan politik, kerjasama politik dan aspek kehidupan politik lainnya, dengan melihatnya secara khusus dari ihwal latar belakang kebudayaan serta sistem norma pelaku-pelakunya.  Fokus perhatian mata kuliah ini akan tertuju ke aspek-aspek kehidupan politik yang terjadi di Indonesia, dengan mengingat relevansi yang besar dari studi ini pada permasalahan-permasalahan politik di negara-negara yang sedang berkembang.

SOA361 Hubungan Antar Suku Bangsa
Mata kuliah ini mengajak para mahasiswa untuk memahami berbagai faktor yang melatarbelakangi hubungan antar suku bangsa yang terjadi, terutama pada masyarakat kompleks. Berbagai faktor yang menjadi bagian utama pembicaraan dalam perkuliahan tersebut adalah sejarah tempat tinggal, ikatan kekerabatan, status ekonomi, dan sebagainya.  Melalui mata kuliah ini para mahasiswa diharapkan mampu mengkaji berbagai hubungan sosial antar suku bangsa, baik yang bersifat harmoni melalui adaptasi maupun persaingan (konflik) antar suku bangsa, khususnya di kota-kota di Indonesia.

SOA362 Perubahan Masyarakat dan Kebudayaan
Dalam mata kuliah ini antara lain dibahas tentang konsep dasar, makna dan dampak, level-level perubahan sosial-budaya, maupun bentuk perubahan masyarakat dan kebudayaan dalam kehidupan yang empiris. Dalam kaitannya dengan perubahan masyarakat dan kebudayaan, akan diperbincangkan pula konsep dan teori: difusi, krisis budaya, proses-proses sosial-budaya secara khusus. Dibahas juga perubahan sosial-budaya pada level kemasyarakatan, seperti modernisasi, industrialisasi, urbanisasi, birokratis, dan sekularisasi. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memiliki rasa sensitivitas terhadap makna dan dampak perubahan masyarakat dan kebudayaan tersebut dengan cara memperkenalkan dan mengkajirealitas empiris di lapangan.

SOS100 Pengantar Sosiologi
Tujuan yang ingin dicapai lewat matakuliah Pengantar Sosiologi ini ialah pemahaman mahasiswa mengenai konsep konsep dasar ilmu sosial, khususnya sosiologi. Melalui matakuliah ini para mahasiswa diha¬rapkan dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang berbagai konsep sosiologik, seperti kehidupan masyarakat, norma atau kaidah sosial, sanksi dan model kontrol sosial lainnya, proses sosialisasi, pengelompokkan sosial dan bentuk struktural yang dijadikannya, stratifikasi sosial yang melahirkan status, pembagian peran sosial, proses prses sosial, perubahan sosial (berikut persoalan sebab serta akibatnya) dan masalah kependudu¬kan. Setelah menguasai berbagai konsep dasar ini para mahasiswa diharapkan dapat memiliki pijakan awal yang baik guna mendalami lebih lanjut berbagai cabang kajian ilmu sosial, utamanya sosiologi, secara lebih khusus.

SOS229 Sosiologi Politik
Matakuliah ini merupakan bagian Sosiologi yang mengkaji pranata pranata politik. Lewat matakuliah ini para mahasiswa belajar menganalisis proses proses politik dalam kerangka pemikiran sosiologik. Perhatian mahasiswa, secara khusus, diarahkan untuk memahami dinamika prilaku politik sebagaimana dipengaruhi oleh berbagai proses sosial, seperti prilaku prilaku kooperasi, kompetisi, mobilitas, pembentukan opini umum dalam masyarakat, dan pergeseran kekuatan di kalangan kelompok kelompok, di antaranya.

SOS242 Teori Sosiologi Modern
Matakuliah ini mengemukakan teori teori sosial yang berkembang cepat pada akhir abad 20. Pembahasan dimulai dengan pertumbuhan teori struktural fungsional sebagaimana banyak diwarnai oleh Talcott Parsons dan Robert K. Merton, dan pula lahirnya aliran konflik yang sebenarnya juga terbilang aliran strukturalis sebagaimana ditokohi oleh Karl Marx dan Ralf Dahrendorf. Sejumlah aliran pascastrukturalis, seperti tradisi Frankurt, dengan tokohnya Theodor Adorno, Max Horkheimer, dan Jürgen Habermas, di antaranya, dan tradisi posmodern (Michel Foucault), merupakan topik-topik bahasan yang cukup mengedepan, utamanya dalam rangka memberikan pemahaman bagi para mahasiswa tentang kajian-kajian teori mikro.

SOS250 Sistem Sosial Budaya Indonesia
Matakuliah ini memberikan dasar-dasar untuk menganalisis sebuah masyarakat yang sebelumnya telah dikonsepsikan sebagai suatu sistem kehidupan yang terbuka dan penuh interaksi (baik interaksi internal yang terjadi antarkomponen di dalam sistem maupun interaksi eksternal yang terjadi antara sistem dan lingkungannya). Pokok pokok tradisi fungsionalisme, utamanya teori Talcott Parsons, digunakan untuk membuat kerangka konseptual masyarakat sebagai suatu sistem, baik dalam wujudnya yang statik dan dinamik maupun dalam gerak gerak perubahan dan perkembangannya (meliputi gerak eksplosi, implosi dan inovasi), serta mengenai perubahan sistem, dari tinjauan pengaruh masukan energi, penduduk, teknologi dan informasi.

SOS314 Sosiologi Korupsi
Masalah korupsi (termasuk kolusi dan nepotisme) merupakan fenomena sosial yang berdampak cukup mendalam di berbagai bangsa. Matakuliah Sosiologi Korupsi ini ditawarkan untuk membantu mahasiswa dalam menganalisis berbagai masalah seputar korupsi, termasuk kolusi dan nepotisme, beserta berbagai akibat sosial, ekonomi dan politik. Fokus matakuliah ini menyangkut kajian tentang berbagai bentuk korupsi, kolusi, nepotisme, dan money politics, latar belakang historis, berbagai akibat sosial-ekonomi-politik korupsi, utamanya di Negara-negara Berkembang, dan berbagai alternatif penanganan dan atau pemecahan masalah korupsi.

SON350 Organisasi dan Manajemen
Organisasi adalah wadah bagi kegiatan kegiatan terarah yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan. Maka pengelolaan dan pengembangannya akan menjadi tema pokok mataajaran ini. Melalui mataajaran ini para mahasiswa akan mempelajari pokok pokok permasalahan yang bersangkutpaut dengan dinamisasi organisasi, khususnya faktor faktor yang mempengaruhi perkembangannya (seperti misalnya tipe dan gaya manajemen, tipe kepemimpinan, kemampuan para pelaku pendukungnya, dan sebagainya). Segi segi permasalahan yang mengungkapkan pengaruh perilaku manusia terhadap organisasi dan kiat pengelolaannya lewat berbagai teori dan prinsip manajemen, akan pula menjadi bahan kajian mahasiswa peserta mataajaran ini.

SOS451 Sosiologi Pembangunan
Matakuliah Sosiologi Pembangunan ini utamanya mempelajari proses proses pembangunan yang terjadi, terutama sebagaimana berlangsung di negara negara Dunia Ketiga. Ruang lingkup pengajaran ini jelas bersifat makro. Mahasiswa diajak untuk mempelajari teori teori pembangunan, dari tradisi developmentalis, ketergantungan (dependency), hingga sistem dunia (world system), beserta kelemahan-kelemahan masing-masing teori dan atau tradisi tersebut. Menggunakan teori teori tersebut, para mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara implementasi pemban¬gunan dan sejumlah persoalan, seperti kapital, pendidikan, urbanisasi, politik dan teknologi.

SOS352 Pengelolaan Konflik
Konflik merupakan suatu fenomena yang tak terelakkan dalam kehidupan masyarakat. Bahkan, konflik dapat menyebabkan suatu kehancuran suatu masyarakat, apabila tidak tertangani secara baik. Matakuliah ini membahas tentang berbagai model konflik dan menawarkan sejumlah pengelolaan dan atau solusi konflik yang berlangsung di masyarakat. Berbagai pengalaman tentang penanganan konflik di belahan dunia dipaparkan untuk memberikan sejumlah contoh tentang model-model pengelolaan konflik. Matakuliah ini, tak pelak, menjadi sangat penting sehubungan dengan situasi bangsa, baik Indonesia maupun dunia, yang seringkali berlangsung konflik sosial.

SOS453 Corporate Social Responsibility (CSR) dan Community Development (Comdev)
Seiring dengan Millinium Development Goals (MDGs) Program, peran industri terhadap pembangunan di masyarakat semakin diperlukan. Melalui mata kuliah ini para mahasiswa akan diberikan pemahaman tentang latar historis problematika hubungan industri dan masyarakat, tanggungjawab sosial perusahaan terhadap stakeholders (pemangku kepentingan), program CSR dan PBL terhadap pembangunan masyarakat, perencanaan pembangunan berbasis komunitas, pengorganisasi komunitas dalam kerangka pemberdayaan masyarakat.

SOK360 Komunikasi Politik
Berisi tentang pemahaman proses proses politik sebagai proses komunikasi, mengkaji berbagai permasalahan politik dari sudut tinjau komunikasi. Pendalaman materi akan diperoleh melalui pembahasan topik topik yang relevan dengan permasalahan komunikasi politik, ikhwal pemimpin politik sebagai komunikator politik, persuasi politik dan propaganda, macam saluran komunikasi yang vital untuk kepentingan politik, sistem pers dan sebagainya.

MNM201 Manajemen SDM
Lewat mataajaran ini para mahasiswa akan berkenalan dengan pengertian pengertian tentang pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi. Ia akan belajar bagaimana prinsip prinsip yang digunakan dalam memahami perilaku manusia yang bekerja dalam suatu organisasi, dan bagaimana  sumber daya itu dikembangkan. Topik topik yang akan dibicarakan di sini, antara lain, ialah: manusia dan organisasi, motivasi dalam organisasi, kelompok-kelompok kerja dalam organisasi, komunikasi dalam organisasi, pengaruh hadiah dan hukuman pada perilaku kerja, pendayagunaan sumberdaya manusia dalam rangka pencapaian tujuan, juga proses rekruitmen sampai dengan pelepasannya.

MNM305 Kepemimpinan
Dalam acara acara mataajaran ini para mahasiswa akan mempelajari berbagai pengertian tentang kepemimpinan, berikut peranannya dalam setiap usaha penetapan dan pencapaian tujuan. Para mahasiswa akan pula mempelajari berbagai teori, metode, dan gaya serta teknik kepemimpinan untuk mendapatkan gambaran gambaran yang dapat diperbanding kan. Topik topik yang dipandang menarik antara lain akan meliputi ikhwal kepemimpinan dalam organisasi, fungsi dan peranannya, hubungan kepemimpinan dan kekuasaan, kepemimpinan dan masalah konflik, kepemimpinan dan budaya organisasi, kepemimpinan dan pengambilan keputusan, serta perkembangan teori dan praktek kepemimpinan di berbagai organisasi privat dan publik di Indonesia, akan didiskusikan dan diharapkan dapat mengembangkan wawasan/cakrawala pandang mahasiswa.

EKP202 Ekonomi Pembangunan
Pada hakekatnya Ekonomi Pembangunan adalah salah satu cabang ilmu sosial yang amat memperhatikan masalah masalah peningkatan taraf hidup bangsa bangsa yang sedang berkembang, dan upaya upaya yang paling efektif untuk mencapai peningkatan taraf hidup melalui pendekatan multidisipliner. Lewat mataajaran ini mahasiswa diharapkan memahami model model pengembangan ekonomi baik yang diutarakan oleh madzab klasik maupun Keynes serta memperhatikan antara lain kondisi makro dan mikro, industrialisasi tenaga kerja, Investasi, pembentukan model (domestik maupun dari luar negeri). Demikian pula perdagangan internasional dan dampaknya, perdagangan bebas pada abad ke 21, serta bagaimana Indonesia mengantisipasi nya, tidak akan lepas dari perhatian mata ajaran ini.

EKP314 Sistem Ekonomi Indonesia
Mataajaran ini hendak mengajak para mahasiswa untuk mengkaji perkembangan perekonomian Indonesia sejak awal kemerdekaan sampai ke masa pemerintahan Orde Baru dewasa ini. Lewat kajian ini para mahasiswa diharapkan akan dapat memahami sistem perekonomian yang berkembang di Indonesia dari waktu ke waktu, seperti bertahannya sistem ekonomi yang dualistik akibat politik penjajahan, dan upaya upaya yang diusahakan untuk meniadakan dualisme tersebut. Munculnya gagasan Ekonomi Pancasila untuk mewujutkan cita cita ekonomi nasional yang berdasarkan landasan idiil Pancasila dan landasan konstitusional UUD 1945 dengan berbagai permasalahan yang dihadapi akan menjadi perhatian mataajaran ini pula.

HKD104 Sistem Hukum di Indonesia
Mata kuliah ini akan mengajak mahasiswa memahami hukum sebagai bagian suatu kebudayaan, khususnya di Indonesia, yang susunan masyarakatnya terdiri dari berbagai suku bangsa, yang dapat disebut dalam keadaan pluralistis berlaku berbagai sistem hukum. Hukum di Indonesia sebagai suatu sistem menjelaskan pengertian hukum sebagai acuan-acuan hidup beserta sumber-sumber hukum, komponen-komponen lainnya yang bergerak di dalam suatu mekanisme, substansi hukum (hukum in concrato dan hukum in abstracto), pembagian dan perbedaan hukum yang berlaku di Indonesia sebagai hukum positif. Seluruh perbincangan itu akan lebih jelas bila mahasiswa juga mengetahui sejarah hukum Indonesia yang cukup unik.

SOH101 Pengantar Globalisasi
Mata kuliah Pengantar Globalisasi membantu para mahasiswa memperoleh pemahaman yenga jelas mengenai pengertian globalisasi, dimensi-dimensi globalisasi, driving-force globalisasi, perkembangan globalisasi dan sejumlah perspektif-perspektif teoritik yang sejauh ini telah berkembang mengenai globalisasi.

SOH205 Studi Strategis Indonesia II: Politik Luar Negeri
Mataajaran ini terfokus pada sejarah dan perumusan blueprint politik luar negeri Republik Indonesia. Selain itu, mahasiswa dibekali kemampuan untuk menganalisis dinamika serta variabel determinan politik luar negeri Indonesia sejak kemerdekaan hingga kini.

SOH208 Rezim-Rezim Internasional
Mataajaran ini memberi pengetahuan dasar kepada mahasiswa tentang berbagai macam rejim-rejim internasional ditinjau dari berbagai macam aspek, baik ekonomi, politik, dan keamanan.

SOH301 Politik Internasional
Mataajaran ini membahas dan menganalisis berbagai kasus dan peristiwa internasional yang bersifat high politics, terutama soal-soal keamanan internasional baik bilateral, multilateral maupun global. Setelah mengkuti mataajaran ini, mahasiswa diharapkan bisa memahami dan menganalisis berbagai persoalan politik internasional dengan berbagai teori yang pernah diperoleh pada matakuliah sebelumnya.

SOH305 Ekonomi Politik Internasional
Mata ajaran ini membahas mengenai berbagai perspektif ekonomi politik (seperti misalnya perspektif Keynesian, Marxis, 'public policy', dan kausa sirkulasi) serta menjelaskan berbagai permasalahan yang menyangkut keterikatan politik pada ekonomi dalam skala internasional. Pembahasan lebih menekankan pada interaksi/hubungan antar aktor negara dan bukan negara seperti perusahaan multinasional dan organisasi non-pemerintah internasional. Dengan mengikuti mataajaran ini secara aktif para mahasiswa dapat diharapkan akan mampu menganalisis berbagai persoalan ekonomi politik internasional.

SOH307 Globalisasi dan Strategi
Globalisasi adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Disamping berbagai keuntungan yang dapat diraih, globalisasi juga membawa serta sejumlah dampak negatif terhadap kehidupan masyarakat secara luas. Mata kuliah ini membahas berbagai strategi yang dapat digunakan untuk menghadapi berbagai dampak negatif globalisasi.

SOH309 Geopolitik dan Geostrategi
Mataajaran ini memberikan pemahaman tentang peta politik dunia serta pola tingkah laku dan posisi negara-negara dalam peta politik berdasarkan letak geografis. Bahasan meliputi rentang waktu sebelum Perang Dunia II (Jaman Kolonial) hingga berakhirnya Perang Dingin yang meliputi antara lain hubungan negara penjajah dan jajahan, negara maju berkembang, Utara-Selatan, Timur-Barat, masalah hubungan negara dan masyarakat, negara dan lingkungan hidup.

SOH310 Kosmopolitanisme, Nasionalisme, dan Fundamentalisme
Mataajaran ini mempelajari tentang aliran-aliran yang muncul setelah abad pertengahan khususnya rennaisance dan implikasinya pada hubungan internasional. Selain itu matakuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang perkembangan-perkembangan mutakhir aliran-aliran tersebut di masa globalisasi.

SII203 Sistem Informasi Manajemen
Dalam acara acara mataajaran ini para mahasiswa akan mempelajari berbagai pengertian tentang gambaran umum sistem informasi manajemen dan peranannya dalam proses pengambilan keputusan. Topik topik yang dipandang menarik dikemas dalam beberapa bahasan, diantaranya proses perkembangan sistem informasi menajemen, konsep informasi dan penerapannya pada rancangan sistem informasi, manusia sebagai pengolah informasi, konsep sistem dan sistem informasi, kosnep organisasi dan manajemen serta hubungannya dengan sistem informasi, pengambilan keputusan serta praktiknya pada berbagai organisasi terutama di lingkungan publik.

SOK202 Dasar-dasar Public Relations
Pembahasan mengenai pengertian, konsep konsep dasar, fungsi, ruang lingkup, dan proses kegiatan public relations dalam upaya menciptakan citra positif dan hubungan baik suatu organisasi dengan publik sasaran baik eksternal maupun internal.

SOK240 Dasar Dasar Jurnalistik
Mataajaran ini berisikan pengertian dan batasan berita, rumusan dan bangunannya yang berkaitan pula dengan wawancara, menggunakan bahasa pers dan metode pencarian berita. Mahasiswa juga akan diperkenalkan pada pengetahuan tentang latihan membuat berita, laporan feature dan reportase melalui media yang dipilih.

SOK250 Komunikasi Pemasaran
Mataajaran ini membahas strategi komunikasi dalam upaya "brand building" suatu merk perusahaan untuk mencapai "brand equity", "positive corporate image", "positive product image". Dalam konteks pemasaran, matajaran ini lebih banyak membahas variabel Promosi dari variabel-variabel terkendali pemasaran setelah Product, Price, dan Place. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu membuat rekomendasi komunikasi pemasaran dalam tataran strategik maupun taktis secara umum terhadap permasalahan yang dihadapi suatu merk produk dari suatu perusahaan dalam situasi persaingan.

SOK260 Pengantar Kajian Media
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar studi-studi media (media studies). Dalam mata ajaran ini akan diperkenalkan key concepts atau konsep-konsep kunci yang digunakan dalam teori-teori studi media. Dengan akar perspektif cultural studies dari Birmingham School, mata kuliah ini akan memberikan pengantar terhadap teori-teori dasar media studies

SOK330 Public Speaking
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang teori dan praktek berkomunikasi lisan, seperti presentasi ilmiah, pidato formal dan informal. Materi meliputi bagaimana mengidentifikasi audiens, merencanakan materi, memahami respon audiens, mengevaluasi hasil.

SOK350 Komunikasi Periklanan
Mataajaran ini, idealnya bisa diambil oleh mahasiswa yang telah lulus matajaran Komunikasi Pemasaran agar tidak kehilangan arah dalam konstek pemasaran. Pembahasan meliputi pemahaman mengelola biro iklan (advertising agency) yang terdiri dari divisi divisi dan fungsi-fungsi, account service, creative, media, finance dan research. Pembahasan lebih banyak diarahkan dalam konteks perikalanan sebagai salah satu alat promosi dari alat-alat komunikasi pemasaran. Berbagai tujuan periklanan dalam konteks pemasaran, positioning dan riset iklan, serta kode etik periklanan akan dibahas, termasuk membahas beberapa iklan di dalam negeri maupun luar negeri, sehingga mahasiswa punya pengetahuan teoritik dan mampu memproduksi iklan dengan teknologi komunikaksi sederhana, namun secara kreatif mampu membangun ekuitas suatu merek produk.

SOK351 Komunikasi dan Perilaku Konsumen
Materi mataajaran ini dirancang dan disampaikan secara tatap muka dan diskusi yang membahas tentang apa, mengapa dan bagaimana perilaku konsumen dalam pembelian, baik yang berkaitan dengan perilaku pra pembelian, ketika tindakan pembelian terjadi dan tindakan pasca pembelian. Pemahaman tentang konsumen dan perilakunya, bagi perusahaan dan individu yang berorientasi pasar atau khususnya yang bergerak di bidang komunikasi pemasaran, akan mengarahkan strategi dan program penyampaian pesan mengenai suatu produk atau jasa yang mampu menarik konsumen untuk membeli dan mempertahankan pelanggan.

SOK361 Komunikasi dan Multikulturalisme
Membahas tentang analisis permasalahan permasalahan komunikasi yang berlangsung dalam konteks multikultur melalui pendekatan pendekatan yang multidisiplin. Pembahasan akan berkisar pada permasalahan komunikasi yang timbul akibat perbedaan kultur  dalam konteks lokal maupun global, serta bagaimana mengelola keberagaman kultur tersebut (managing diversity) Akan dibahas studi kasus dengan merujuk ke contoh contoh di Indonesia maupun internasional.

SOK362 Media dan Masyarakat
Perkembangan Media sebagai institusi, kontennya, dan perannya dalam masyarakat menjadi penting untuk dilihat. Sebagai institusi media massa mempunyai peran untuk mengorganisasikan nilai, ideologi dan norma-norma dalam masyarakat. Pada perkembangannnya institusi media dan industrinya terikat dan tidak terlepas dengan kondisi & karakteristik sistem sosial, ekonomi dan politik negara dimana media massa berkembang. Dalam mata kuliah ini aspek-aspek media massa dan budaya popular mencerminkan kondisi dan tren yang berkembang di masyarakat. Mata kuliah ini akan mengajarkan analisis kritis terhadap isi media, peran organisasi dan fungsi media massa dalam mengkonstruksi dan merepresentasikan budaya dan kondisi sosial masyarakat.

SOK364 Komunikasi dan Modernitas
Bertujuan untuk memahami posisi dan dinamika komunikasi dalam pembangunan serta kemampuan untuk menunjang pembangunan. Pokok ajarannya meliputi posisi komunikasi dalam teori teori pembangunan, pemahaman bahwa komunikasi merupakan faktor integral dan penentu dalam pembangunan, kecuali itu terdapat kendala status, kendala metodologis dan kendala psikososial yang ikut terlibat dalam berbagai aspek komunikasi pembangunan.

SOK366 Industri Media Massa
Pembahasan mengenai pengelolaan lembaga media massa, baik media cetak, audio, maupun audio visual dan media interaktif sebagai bentuk teknologi baru. Topik bahasan meliputi konsep manajemen dan pemasaran yang diterapkan untuk perusahaan media massa, perundang-undangan serta persoalan-persoalan terkini dalam menajemen media massa.

SOK371 Riset-riset Komunikasi
Pembahasan mengenai berbagai metoda dan teknik penelitian komunikasi yang mencakup penelitian sumber, media, pesan, khalayak, dampak dan jaringan komunikasi. Secara khusus akan dibahas metode-metode khas penelitian kajian komunikasi  baik yang kuantitatif (seperti readability, analisis jaringan, content analysis, studi efek media). Riset-riset Komunikasi pemasaran  dan perilaku konsumen juga akan diajarkan dalam mata kuliah ini. Pendekatan metode kuantitatif lebih banyak ditawarkan dalam mata ajaran ini.

SON201 Sistem Administrasi Negara
Melalui mataajaran ini mahasiswa diajak untuk mempelajari berbagai konsep administrasi negara sebagai suatu proses yang bersifat sistematis. Kajian ditekankan pada sistem dan model yang dianut dan dipraktekkan di Indonesia. Pendalaman juga dilakukan dengan mengkaji berbagai komponen yang ada dalam sistem tersebut yang meliputi kelembagaan aparatur pemerintah, kepegawaian pemerintahan, ketatalaksanaan pemerintah, serta aparatur perekonomian negara. Pendekatan terhadap kajian ini tidak sekedar bersifat legal formal tetapi juga mengikuti alur dinamika aktual dan empirik yang terjadi dalam proses sistem administrasi negara. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa tidak hanya memiliki bekal teoritik namun juga gambaran gambaran yang lebih realistik.

SON311 Teori Pembangunan
Melalui matakuliah ini mahasiswa diajak mengupas berbagai teori dan pendekatan pembangunan yang muncul sebagai solusi untuk mengejar ketertinggalan antar negara. Selain mengupas berbagai teori dan pendekatan yang mengacu pada pengalaman negara-negara maju, mahasiswa juga diajak melihat dari perspektif sebaliknya yakni konter teori dan pendekatan yang muncul dari negara-negara dunia III yang sebelumnya telah menerapkan solusi dari negara maju. Berbagai teori dan pendekatan lain juga dibahas menyusul berbagai kelemahan dan ketidak-sesuaian teori teori tersebut untuk diadopsi begitu saja karena setiap negara memiliki pengalaman dan kondisi yang berbeda-beda, serta karena kebutuhan dunia yang makin mengglobal yang mengharuskan pembangunan pada setiap negara juga memikirkan kepentingan masyarakat lainnya yang hidup dalam satu lingkungan planet yang sama.

SON321 Teori Perencanaan dan Pengendalian
Mataajaran ini mengenalkan kepada mahasiswa tentang konsep konsep pokok dalam administrasi dan manajemen sebagai suatu proses kegiatan. Sebagai kegiatan inti dalam proses administtrasi atau manajemen, perencanaan dan pengendalian secara teoritik di dalamnya memiliki berbagai muatan yaitu makna, fungsi, jenis, sifat, prosedur dan metoda perencanaan. Di samping itu mahasiswa juga mendalami berbagai masalah yang berkaitan dengan penetapan dan pengukuran standar dalam proses pengendalian, hubungan/ kaitan antara perencanaan dengan pengawasan maupun hubungannya dengan fungsi fungsi administrasi yang lainnya. Demikian pula peran dan fungsi pengendalian dalam suatu organisasi publik tetap akan menjadi perhatian mataajaran ini

SON322 Sistem Perencanaan, Pemrograman, dan Penganggaran
Matakuliah ini mengkaji secara mendalam tentang konsep dan teknik-teknik pada tahapan perencanaan pemrograman dan penganggaran sebuah kegiatan program yang dibatasi oleh dimensi efisiensi dan kelangkaan sumber daya yang ada. Matakuliah ini menganalisis teknik dan metoda yang ada untuk dapat mengetahui berapa banyak sumber daya yang digunakan dalam melaksanakan program tersebut secara efektif dan efisien. Penggunaan teknik dan metoda PPBS akan memberikan alternatif dalam menentukan program kegiatan sesuai dengan tujuan program dan sumber daya yang ada. Diharapkan mahasiswa yang mengikuti matakuliah ini dapat menganalisa dan membuat sistem perencanaan penganggaran sebuah program kegiatan sesuai dengan tujuan program dan sumber daya yang ada serta memiliki keahlian dalam mendesign program dan penganggaran program yang sangat dibutuhkan

SON323 Perencanaan Jejaring
Matakuliah ini mengkaji konsep dan metode pada alur jaringan kegiatan, proyek dan program didalam membuat membuat metoda perencanaan pekerjaan yang dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. Teknik membuat event/ momentum kegiatan dalam barchart sebuah proyek/progam, analisa waktu dan jenis kegiatan pekerjaan / Event, EET dan LET serta Critical Path akan dikaji lebih mendalam didalam matakuliah ini.Diharapkan mahasiswa yang mengikuti matakuliah ini dapat membuat action plan yang implementatif, mampu mendesign pelaksanaan dengan pertimbangan waktu tercepat maupun waktu terlambat serta memiliki keahlian dalam menganalisa jalur kritis yang dibutuhkan pada pelaksanaan kegiatan, proyek dan program.

SON360 Administrasi Keuangan Negara
Melalui mataajaran ini, diharapkan mahasiswa mampu mengetahui dan memahami beberapa teori administrasi keuangan yang berkembang hingga saat ini, disamping mampu pula menjelaskan setiap fenomena keuangan negara. Untuk maksud tersebut, para mahasiswa akan mempelajari: ruang lingkup studi keuangan, konsep keuangan, tinjauan analisis positif dan normatif keuangan, pengertian anggaran negara, proses penyusunan dan pelaksanaan APBN, klasifikasi anggaran, siklus anggaran, sistem anggaran, pengelolaan perbendaharaan negara, pengawasan dan pertanggungjawaban keuangan negara, kebijakan fiskal dan politik perpajakan. Semua yang dikaji ini tetap dilihat dalam konteks yang makro, ialah penyelenggaraan pemerintahan yang efisien dan demokratik

SON362 Analisis dan Manajemen Aset Daerah
Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki kemampuan dalam hal memahami berbagai aset yang dimiliki oleh daerah, kemudian juga kemampuan mengelola terutama berkaitan dengan menyusun rencana penyusunan aset, pengorganisasian aset, menyiapkan aspek penataan aspek sumberdayanya beserta pengawasan dan pengendaliannya dan menganalisis berbagai aset daerah tersebut untuk dapat dimanfaatkan sebanyak-banyaknya bagi kemajuan dan perkembangan daerah dalam menghadapi berbagai persoalan yang dapat muncul di masa depan, terutama dalam kerangka menyusun strategi pengembangan aset di masa depan dan disesuaikan dengan perkembangan daerah. 

SON412 Problema Pembangunan
Matakuliah ini merupakan kelanjutan dari matakuliah Teori-teori Pembangunan. Dalam matakuliah ini mahasiswa diajak untuk mengupas berbagai problema-problema dalam pembangunan negara sedang berkembang, baik problema yang timbul karena penerapan teori pembangunan yang dianut maupun problema-problema yang inherent ada dalam masayarakat negara itu sendiri. Problema-problema tersebut misalnya kemiskinan struktural dan non-struktural, korupsi, masalah lingkungan, kependudukan, illiteracy, kesehatan, dll yang akan ditinjau secara mendalam akar permasalahan dan kondisinya serta bagaimana prospek berbagai teori dan pendekatan pembangunan yang ada untuk memecahkan problema tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi negara tersebut. Dengan mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami secara mendalam problema-problema pembangunan dan problema-problema dalam proses pembangunan yang dihadapi suatu negara, serta memberikan opini yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

SON420 Perencanaan Pembangunan
Mataajaran ini bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menganalisis fenomena pembangunan sebagai suatu proses yang terencana untuk mengubah suatu situasi nasional dari satu tahap tertentu ke tahap berikutnya yang diasumsikan lebih baik dan lebih mensejahterakan kehidupan rakyat. Bertolak dari rumusan dasar ini para mahasiswa akan mempelajari: gagasan, problem perencanaan dan pembangunan, aplikasi teori perencanaan ke dalam berbagai model dan strategi pembangunan, serta memilih alternatif model yang paling mungkin dan paling baik (terutama untuk kondisi Indonesia)

SON434 Riset dan Pengukuran Kebijakan Publik
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu melakukan riset kebijakan sebagai dasar dalam analisis kebijakan publik dan penyusunan naskah kebijakan publik. Dengan  menggunakan metode penelitian kebijakan publik spesifik, memakai dasar teori lintas disiplin, diharapkan mahasiswa dapat mendisain instrumen  kinerja kebijakan publik yang komprehensif dan measurable

SON435 Kebijakan Publik
Matakuliah ini memberi pemahaman dan pengetahuan kepada para mahasiswa tentang berbagai aspek yang terkait dengan kebijakan publik/pemerintah. Bagaimana interaksi antar aktor dan lembaga yang terlibat dalam seluruh tahap dan proses formulasi kebijakan. Sebagai disiplin ilmu terapan yang inter disipliner, Kebijakan Publik sangat memerlukan berbagai teori dan dan pendekatan dari disiplin ilmu lain. Namun demikian dalam studi ini sendiri sudah terdapat berbagai pendekatan dan konseptualisasi yang mencoba menjelaskan fenomena kebijakan publik. Untuk meningkatkan daya analisis mahasiswa terhadap berbagai kebijakan pemerintah, digunakan  berbagai model analisis kebijakan dari berbagai literatur antara lain kelembagaan, proses, teori kelompok, elit, rasionalisme, inkrementalisme, sistem dan teori konflik. Mengingat salah satu latar belakang diadakannya mataajaran ini adalah untuk menganalisis berbagai permasalahan dan kebijakan agar dapat diberi alternatif pemecahan masalah yang terbaik, maka pemahaman yang komprehensif atas suatu fenomena kebijakan sangat dibutuhkan.

SON440 Administrasi Pembangunan
Mataajaran ini akan mencoba menumbuhkan minat dan kemampuan mahasiswa untuk mengevaluasi administrasi pembangunan sebagai suatu proses pengendalian sosial. Di sini mahasiswa akan diajak membahas berbagai faktor yang berinteraksi secara dinamik dan mengakibatkan perubahan perubahan: bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikannya (Khususnya dalam kerangka upaya pembangunan sebagaimana berlangsung di negara negara yang tengah berkembang, dan khususnya lagi sebagaimana terjadi di Indonesia). Berbagai konsep tentang pembangunan, perubahan poleksosbud, pembangunan administrasi negara, administrator sebagai motivator dan 'agent of change' dan proses perekayasaan pranata, akan menjadi titik titik perhatian mataajaran ini.

SON442 Pengembangan Kelembagaan
Pelembagaan merupakan suatu kondisi sosio psikologis dalam mana suatu pola tindakan yang baru dipandang bersifat normatif, dan diintegrasikan di dalam sistem perilaku organisasi. Bertolak dari rumusan dasar tersebut maka mataajaran ini mengajak mahasiswa untuk mempelajari aspek sosiologis dan keorganisasian pengembangan kelembagaan sebagai bagian dari proses perubahan sosial dalam pembangunan. Di sini mahasiswa akan diajak membahas berbagai faktor yang dapat mempengaruhi proses pengakaran suatu lembaga dalam konteks lingkungannya, serta berbagai metoda untuk meningkatkan keefektifan program program pengembangan kelembagaan dalam pembangunan. Fokus perhatian teori teori pengembangan kelembagaan yang dipelajari antara lain pada upaya perencanaan, peletakan struktur dan pengarahan organisasi menuju kepada perubahan nilai, perubahan fungsi, dan perubahan teknologi fisik dan atau sosial; meletakkan serta melindungi hubungan normatif dan pola tindakan, dan memobilisasikan dukungan dari lingkungan; kesemuanya untuk dapat mewujudkan kualitas pelembagaan (institutionality).

SON431 Teori Kebijakan Publik
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa agar memahami kemunculan dan perkembangan teori-teori, konsep, siklus dan proses kebijakan publik. Pemahaman terhadap teori-teori pilihan publik, struktural, dan lain-lain hingga teori neo institusionalisme merupakan pokok bahasan utama. Setelah memahami teori-teori tersebut mahasiswa harus dapat menjelaskan berbagai fenomena dan kebijakan publik pada umumnya.

SON441 Evaluasi dan Pengawasan Pembangunan
Mataajaran ini bermaksud mengajak para mahasiswa untuk mempelajari berbagai masalah pengawasan dan evaluasi yang bersangkutan dengan pelaksanaan pembangunan atas dasar asas asas pengawasan yang efektif. Untuk maksud itu para mahasiswa akan diajak berdiskusi dalam topik topik seperti prinsip prinsip penyelenggaraan pembangunan, identifikasi permasalahan umum yang dijumpai dalam proses pembangunan, asas asas pengawasan yang efektif, PERT (Program Evaluation and Review Technique) sebagai alat perencanaan dan pengawasan pembangunan, dan hubungan antara perencanaan dan pengawasan.

SON451 Kebijakan dan Manajemen Publik
Mataajaran ini akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana institusi publik/birokrasi/organisasi publik mengelola, mengalokasikan dan mendistribusikan sumber-sumber yang dimiliki secara efisien dan efektif serta profesional. Pemerintah seringkali menghadapi pilihan-pilihan sulit manakala mengalokasikan sumber daya publik. Hal ini mengingat perkembangan masyarakat yang makin cerdas (civil society) dan era yang makin demokratis. Dengan demikian pokok-pokok bahasan dalam kajian ini meliputi :Prinsip-prinsip Good Governance, sistem akuntabilitas, transparancy, Reinventing Governance, Memangkas Birokrasi, implementasi prinsip value for money dalam birokrasi, 4 model New Public Management.

SON454 Riset dan Pengukuran Kualitas Pelayanan
Mata ajaran ini akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana menyusun perencanaan, implementasi dan evaluasi suatu riset beserta model dan pendekatan dalam pengukuran kualitas pelayanan publik. Mahasiswa diharapkan dapat dan mampu melakukan riset dan pengukuran kualitas pelayanan publik di berbagai institusi pemerintah. Dengan demikian pokok-pokok bahasan dalam kajian ini meliputi : Perencanaan riset, implementasi dan evaluasi riset serta model-model dan teknik pengukuran di lapangan. Pada akhirnya mahasiswa mampu menyusun dokumen riset beserta pengukuran dan analisisnya atas kualitas pelayanan publik di berbagai institusi.

SOS213 Sosiologi Perkotaan
Materi yang dikaji dalam matakuliah ini berki¬sar di seputar persoalan ciri ciri dan struktur masyarakat kota, berikut tipe tipenya, sejarah timbul¬nya kota kota, berikut proses dan perubahan perubahan yang terjadi di dalamnya. Melalui berbagai pengalaman belajar, para mahasiswa diharapkan dapat mengana¬lisis struktur, proses, dan perubahan masyarakat kota, khususnya yang merujuk  ke ikhwal perubahan kota kota di Indonesia pada abad 21 ini.  Beberapa tema lain, seperti masalah urbanisasi berlebih (overurbanisation), sampah, pedagang kaki lima, pencemaran, dan kesemrawutan kota, termasuk slums dan squatters, di antaranya, dibahas dan didiskusikan dalam rangka mengangkat isu aktual tentang masalah perkotaan.

SOS220 Pranata Sosial
Matakuliah ini disajikan untuk memberikan pengenalan dasar tentang pranata atau institusi sosial, yang merupakan salah satu sendi utama kehidupan bermasyarakat. Beragam pranata sosial, seperti keluarga, nega¬ra, agama, pendidikan, dan ekonomi, di antaranya, berkembang dalam masyarakat sebagai "wadah" kegiatan manusia yang mencoba memenuhi hajat hidup demi kelestariannya. Pembahasan pranata dalam matakuliah ini, secara khusus, tertuju kepada beberapa topik: pengertian pranata, fungsi pranata, dalam hubungannya dengan kebutuhan manusia, bentuk dan macam serta asal mula pranata, arah perkembangannya, dan masalah masalah yang timbul sepanjang proses perkembangan dan perubahannya.

SOS225 Sosiologi Ekonomi
Matakuliah ini bermaksud mengajak mahasiswa mempelajari hubungan hubungan yang erat antara variabel variabel ekonomi dan variabel variabel sosial. Untuk maksud itu para mahasiswa diajak untuk membahas proses proses ekonomi yang pokok, yaitu: produksi barang dan jasa, proses distribusi dan pertukarannya, dan juga konsumsi. Karena proses ekonomi itu banyak terjadi di tengah masyarakat yang senantiasa berubah, maka kaitan  antara ekonomi dan perubahan sosial—dicontohkan dengan kenyataan kenyataan yang terjadi di Indonesia—banyak diungkap dalam matakuliah ini.

SOS227 Sosiologi Organisasi
Kehidupan sosial akhir akhir ini diwarnai oleh semakin kuatnya ikatan ikatan sosial sebagai akibat dari hadirnya sekian banyak organisasi organisasi formal. Organisasi formal semacam ini bisa hadir dalam bentuk birokrasi pemerintahan, organisasi niaga atau organisasi ekonomi lainnya, organisasi militer, organisasi pendidikan dan ragam ragam organisasi formal lain yang terdapat di berbagai bidang kehidupam masyarakat. Matakuliah ini memapar¬kan konsep konsep pokok organisasi formal semacam itu menurut pendekatan sosiologi. Termasuk ke dalam pembicaraan adalah berba¬gai teori terkemuka baik yang klasik maupun yang mutakhir. Berbagai metodologi yang lazim digunakan dalam penelitian sosiologi organisasi juga diketengahkan. Kajian Sosiologi Organisasi akhir akhir ini kian menarik perhatian umum, karena suatu kenya¬taan: betapa—seiring dengan perkembangan masyarakat urban industrial—kehidupan manusia kian dipenuhi oleh kehadiran berbagai ragam organisasi.

SOS230 Sosiologi Hukum
Di dalam masyarakat yang telah mengenal kehidupan bernegara, khususnya kehidupan negara nasional yang modern, peran hukum formal, yang umumnya tertulis, kian terasa penting¬. Dalam hubungan ini, matakuliah Sosiologi Hukum menga¬jak mahasiswa mempelajari berbagai teori mengenai fungsi hukum dalam masyarakat, khususnya sebagai pelaksana ketertiban yang formal di dalam masyarakat. Pembicaraan berpusat pada persoalan keefektifan hukum, baik dalam kedudukannya sebagai fungsi struktur pemerintahan maupun dalam kedudukannya sebagai fungsi kultur rakyat, yang dikali dalam per¬spektif sejarah. Pembicaraan juga, sekali dua kali, merujuk kembali kepada corak sistem hukum yang pernah berkembang dalam konteks budaya manusia: tradision¬al dan modern.

SOS241  Teori Sosiologi Klasik
Matakuliah ini mengemukakan arah pertumbuhan dan perkembangan teori teori sosiologi yang cepat berkembang dan tersebar pada akhir abad 19 dan awal abad 20, berikut segala pengaruhnya yang melahirkan pemikiran pemikiran reflektif tentang problema problema sosial pada waktu itu. Dalam matakuliah ini para mahasiswa diajak untuk mengkaji kenyataan yang mengungkap bagaimana periode revolusi industri (Inggris), revolusi sosial (Perancis) dan perkembangan alam pemikiran pada akhir abad 19 di Eropa, yang telah melahirkan dasar dasar teori teori sosial modern, sebagaimana dikemukakan antara lain oleh Auguste Comte, Herbert Spencer, Emile Durkheim, Karl Marx, Max Weber dan Vilfredo Pareto. Para mahasiswa, melalui matakuliah ini, diharapkan dapat memahami proses perkembangan tradisi teori klasik dan sejarah tentang perkembangan dari filsafat sosial hingga teori sosial.

SOS243 Teori Krisis
Salah satu perspektif dalam kajian sosiologi kontemporer (akhir-akhir ini), di samping Posmodernisme, Sosiologi Fenomenologi dan Pascastrukturalisme, adalah Teori Kritis.  Matakuliah ini mengkaji perspektif Sosiologi Kritis secara lebih khusus, sebab berbagai perubahan sosial yang menyertai proyek modernisasi, baik di negara maju maupun di negara berkembang, membawa implikasi sosial yang rumit dan tak terprediksikan sejak mula oleh teori-teori sosial tradisional. Teori Kritis melakukan reinterpretasi secara kreatif terhadap teori Marx (dan Weber) untuk mengkritisi situasi sosial masyarakat kapitalisme-industrial.  Kajian tersebut tentunya memiliki relevansi logis dalam rangka untuk melihat perubahan sosial di Negara Berkembang yang cenderung bergerak ke arah yang sama.  Berbagai tema, seperti ‘reifikasi’, ‘teknokratisme’ dan ‘paradoks modernitas’, di antaranya, menjadi pokok-pokok kajian utama matakuliah ini.  Meskipun Teori Kritis sering diidentikkan dengan Mazhab Frankfurt (Adorno, Horkheimer, Marcusé dan Habermas), kajian dalam matakuliah ini diperluas perspektifnya dengan melibatkan sejumlah tokoh lain, seperti Erich Fromm, Georg Lucacs, dan C. Wright Mills, di ataranya.  Selain itu, perdebatan antara Teori Kritis dan Posmodernisme juga menjadi pembahasan menarik dalam matakuliah ini.

SOS313 Masalah Kemiskinan dan Kesenjangan
Dari sekian banyak masalah sosial yang dihadapi masyarakat dan harus diselesaikan adalah masalah kemiskinan. Matakuliah ini, karenanya, mengajak mahasiswa untuk membahas dan mengkaji masalah kemiskinan, yang meliputi: perspektif, manifestasi, cara pengukuran, indikator, dan sejumlah kebijakan pemerintah, berikut implementasinya, dalam kaitannya dengan penanganan masalah kemiskinan. Kenyataan menunjukkan bahwa masalah kemiskinan seringkali tak dapat dilepaskan dengan program pembangunan nasional dan tatanan (struktur) dunia. Dengan dalih ini, perbincangan kemiskinan tidak hanya dibatasi pada persoalan nasional, tetapi juga sebagai masalah antarbangsa.

KKM400 Magang
Mataajaran ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan dan pengalaman belajar mahasiswa dari dunia kerja yang relevan dan/atau terkait dengan bidang keilmuan yang didalami. Dari satu sisi mahasiswa dapat belajar dari praktik kerja para praktisi. Dan, pada sisi lain dapat mencoba mengaplikasikan pengetahuan dan kompetensi keilmuan yang telah dipelajari untuk (latihan) berkontribusi secara konseptual dan sedikit banyak profesional dalam memperbaiki dan memajukan praktik di bidang yang terkait dengan disiplin ilmunya.

KKA406 Keasistenan Ilmu Politik
Dengan mengikuti mataajaran ini diharapkan mahasiswa akan memiliki pengalaman dan kemampuan dalam mengorganisasikan dan menggunakan pengetahuan untuk keperluan pembelajaran secara sistematis dan efektif: bagaimana menghimpun bahan, menyusun dan merangkainya secara sistematis, menyampaikannya kepada peserta belajar, memancing dan menggali respons, mendorong dan mengembangkan kemampuan bernalar, memberikan evaluasi dan masukan kritis, serta menarik kesimpulan komprehensif.

KKN495 Belajar Bersama Masyarakat (Kuliah Kerja Nyata/KKN)
Matakuliah ini merupakan suatu kegiatan praktek di lapangan dan diintegrasikan ke dalam kegiatan kegiatan dharma ketiga perguruan tinggi, ialah dharma pengabdian kepada masyarakat. Melalui matakuliah ini para mahasiswa melatih diri untuk mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh lewat pendidikan dan penelitian guna kepentingan pembangunan masyarakat. Melalui matakuliah ini pula para mahasiswa akan belajar bekerja dan berkarya secara mandiri (secara individual ataupun dalam kelompok) dalam kerangka pemikiran interdisiplin untuk mengembangkan aspek kognisi, afeksi dan psikomotor dirinya sebelum meninggalkan kampus sebagai seorang sarjana.


 


 

Gudang File

@. Peraturan Pendidikan (pdf )
 
@. Prosedur Pendidikan  (pdf )
 
@. JADUWAL KALENDER AKADEMIK SEMESTER GENAP  2013-2014 (pdf)
 
@. WAJIB PEKET GENAP 2013-2014 (pdf)
 
@. KALENDER AKADEMIK 2013-2014 (JPG)
 
@. JADUAL KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SMT. GENAP 2013-2014 (pdf)
 
@. DAFTAR MATA AJARAN YANG DIJADUALKAN UNTUK SEMESTER GENAP 2013/2014 (pdf)
 
 

 

PENGABDIAN MASYARAKAT

27 April 2012
Prof. Dr. L. Dyson P., MA (Peserta Rapat)Pertemuan dengan Agenda membicarakan perkembangan prodiAntropologi S1/S2/S3, Sertfikasi profesi Antropologi, Simposiumdan Jurnal Antropologi Penyelenggara: Asosiasi Antropologi Indonesia
 
27 April 2012
Drs. Sudarso, M.Si (Pembicara) Workshop Pengembangan Pengajaran (GBPP & SAP) Penyelenggara: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo

27‐28 April 2012
Dra. Tri Susantari, M.Si (Narasumber) Bimibingan Teknis Pengembangan Wawasan Aparatur dan Pelatihan Penganggaran Responsif Gender Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur Penyelenggara: Dinas Pendapatan Prov. Jatim
 
 

KERJASAMA

Penyelenggaraan Pendidikan S2
Program Studi Pengembangan SDM
Kerjasama FISIP[Internal] dengan
Dir Jen. Pajak Departemen Keuangan RI.[Eksternal]
Penyelenggaran Studi Kemanfaatan Sosial dan Desain Revitalisasi
Pasar Setonobetek Kota Kediri
Kerjasama FISIP[Internal] dengan
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kediri[Eksternal]
Detail….